Kuliah Perdana: Ritual Menyambut Mahasiswa Baru Abrori / 05-Sep-2017 13:09:38

Pontianak, 5/9/17 ada yang berbeda pada acara kuliah perdana saat ini, kuliah dibuka dengan perkenalan pejabat dari Rektor, Para Wakil Rektor, Badan Administrasi Umum, Badan Administrasi Akademik dan Keuangan, Para Dekan, wakil dekan, Ka.  program studi yang ada di lingkungan UM Pontianak. Tidak hanya itu saja, pada kuliah perdana ini dilakukan juga penyematan jas almamater secara simbolis kepada 10 calon mahasiswa baru oleh rektor yang disaksikan oleh seluruh pejabat di lingkungan UM Pontianak dan seluruh calon mahasiswa yang hadir.

Ritual ini merupakan aktifitas kesiapan mahasiswa baru untuk menjalani masa perkuliahan, setidaknya ini dilakukan setelah kegiatan pengarahan (persipan kuliah perdana oleh kepala urusan kemahasiswaan) yang telah dilaksanakan pada tanggal 28/8/17. Nah sebagai mahasiswa baru tentunya akan menghadapi yang namanya masa perkuliahan yang sebenarnya. Kegiatan Ini dilakukan agar calon mahasiswa tidak merasa kaget dengan perbedaan yang ada, antara pembelajaran di SMA dulu dengan pembelajaran saat kuliah. Akan tetapi, lambat dan pasti calon mahasiswa akan mulai terbiasa dengan rutinitas perkuliahan, tugas kuliah dan tentu dinamika perkuliahan ala mahasiswa pada umumnya.

Kuliah reguler akan dilaksanakan minggu depan. Perkuliahan minggu pertama biasanya tidak banyak materi kuliah dari pihak dosen, melainkan penjelasan terkait silabus (rencana Pembelajaran) yang tentu sudah disipakan oleh para dosen. Pada awal kuliah ini calon mahasiswa akan mendapatkan informasi terkait bobot nilai, kapan masa ujian tengah semester, ujian semester, kemudian jenis-jenis tugas apa yang akan dikerjakan nantinya. Setidaknya mahasiswa akan menerima penjelasan terkait waktu belajar dalam satu semester, serta masa kapan boleh tidak masuk kuliah dan kapan berkegiatan dan berorganisasi.   

Berdasarkan agenda kegaiatan penyambutan mahasiswa baru tercatat selain kuliah perdana, ada agenda pemberian materi terkait sejarah, visi dan misi UM Pontianak dan prospek lulusan, pendidikan tinggi di Indonesia dan kegiatan akademik di perguruan tinggi, pelayanan mahasiwa dalam bentuk kesediaan sarana, prasarana di perguruan tinggi, presentasi mahasiswa dan ormawa, tentu masih banyak materi lagi yang akan disampaikan pada kegiatan dalam rangka menyambut mahasiswa baru.  Selamat datang mahasiswa baru.  Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran