UAD Yogyakarta Pembina Study di Luar Domisili UM Pontianak Abrori / 04-Sep-2017 17:09:37

Sintang, 2/9/17 pertemuan guna peningkatan status perguruan tinggi kelas di luar domisili UM Pontianak baru-baru ini telah dilaksanakan. setidaknya pada pertemuan dan silaturahmi ini dihadiri oleh Bapak Bupati Sintang, Rektor Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD), Rektor UM Pontianak, Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat, Pengurus Daerah Muhammadiyah Sintang, para mahasiswa-mahasiswi, dan warga Muhammadiyah Sintang di Pendopo rumah jabatan Bupati Kabupaten Sintang. Sintang adalah salah satu kabupaten yang mendapatkan prioritas akan peningkatan perguruan tinggi, mengingat kabupaten tersebut berada di ujung Timur Kalimantan Barat atau disebut dengan daerah kategori tertinggal, terluar dan terdepan (3T).

Berbicara Perguruan tinggi di daerah 3T memang memerlukan keperpihakan khusus, mengingat perguruan tinggi di perbatasan bisa menjadi ujung tombak, sehingga nantinya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai potensi yang dimiliki masing-masing di daerah tersebut. Adanya perguruan tinggi juga mendorong kualitas pendidikan, pemerataan ekonomi, kebutuhan tenaga kerja terdidik dan terlatih. Dengan hadirnya perguruan tinggi di perbatasan  berharap juga pada lulusan kelak menjadi pencipta lapangan kerja di daerah sekitarnya.

Dengan kondisi tersebut UAD Yogyakarta bergerak untuk membina Muhammadiyah Sintang bersama Universitas Muhammadiyah Pontianak (yang telah membina sejak 2012) guna mewujudkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sintang.

Bupati Kabupaten Sintang dalam amar sambutannya mengatakan bahwa "akan menyambut baik dan mendukung dalam peningkatan status UM Pontianak kampus Sintang untuk menjadi perguruan tinggi mandiri,  jika universitas masih berat dapat diawali melalui pendirian sekolah tinggi,  atau institut untuk yang  yang multi disiplin ilmu” pungkasnya

Sementara Ketua Program Studi di Luar domisili UM Pontianak Bapak Achmad Sutarmin, S.Hut.,MM mengatakan bahwa “pertemuan ini adalah bagian dari expos terkait rencana pendirian Universitas Muhammadiyah di Kawasan perbatasan wilayah Timur Kalimantan Barat di Sintang sebagai peningkatan status Progaram study di luar domisili milik UM Pontianak. Kegiatan ini dilakukan dihadapan bapak Bupati Sintang (dr H.  Jarot Winarno.  M. Med. PH)  dan Rektor UAD Yogyakarta sebagai Universitas Pembina (Prof Dr. H.  Kasiyarno,  M. Hum)” ungkapnya.   

Sedangkan Wakil Rektor I UM Pontianak Bapak Heriansyah, SH.,SHI.,M.Pd. berpendapat bahwa “Silaturahim ini menunjukkan keseriusan PDM Sintang, UM Pontianak bersama Pemda Sintang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggandeng  UAD yang berpengalaman dalam pengembangan SDM” terangnya. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran