News Value pada Website Kampus Abrori / 24-Aug-2017 15:08:03

Pusat Informasi dan Komunikasi (Infokom) UM Pontianak baru-baru ini mengadakan kegiatan workshop sehari tentang citizen journalism. Acara dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2017 di lantai 3 gedung pertemuan UM Pontianak. Berbicara citizen journalism adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan semua warga dalam kegiatan pengumpulan, pelaporaan, analisis, penyampaian informasi dan berita.

Kegiatan ini dihadiri oleh para administrator, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), badan Eksekutif Mahasiswa baik tingkat Universitas maupun Fakultas yang ada di lingkungan UM Pontianak. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor I UM Pontianak Bapak Heriasyah, SH.,SHI.,M.Pd. dalam sambutannya “Workshop ini adalah kegiatan yang sangat positif mengingat di Universitas ini perlu gerakan membiasakan menulis, apalagi wadah untuk menulis sudah ada dalam bentuk web, karenanya kemampuan untuk menyebarkan informasi buah karya dan hasil karya menjadi titik beratnya dalam kegiatan ini. Web utama UM Pontianak membutuhkan banyak penulis siapapun bisa mempublikasikan hasil karyanya. Web UM Pontianak merupakan salah satu wadah untuk belajar menulis, bisa memberikan wawasan  agar seluruh karya, kegiatan bisa terpublikasikan dengan baik. Indikatornya adalah pengunjung yang ada di link web kita pasti akan naik, karena informasi yang ada selalu hal-hal yang terbaru terkait kegiatan, hasil penelitian, pengabdian masyarakat maupun temuan-temuan yang dihasilkan oleh civitas akademik,  juga akan menaikan reputasi universitas ini” terangnya.  

Kegiatan workshop ini menghadirkan pemateri pertama Dea Citra Rahmatika (Produser News Kompastv Pontianak) Beliau mengangkat tema “Tell The World”. Tema ini menitikberatkan pada pemanfaatan media termasuk di dalamnya pemanfaataan website kampus. Mengingat berita kampus juga mempunyai news value tersendiri dibandingkan berita di luar kampus. Tidak hanya itu saja beliau mengupas jurnalistik lebih dalam tentang bagaimana menayangkan berita (informasi), mencari, mengolah data informasi tersebut sesuai etika penulisan seorang jurnalistik.

Kedua Agus Sulaiman (Redaksi Pontianak Post) memaparkan dengan tema “dasar-dasar Jurnalistik” pada sesi ini pemateri menjelaskan hakikatnya produk jurnalistik dari bagaimana menulis news, feature, esai termasuk opini di sebuah media. Dan pemateri ketiga adalah Samsul Hadi dari infokom membawakan materi “Fotografi Journalis”. Pada materi ini bagaiman sebuah karya fotografi bernilai sebuah berita, khususnya yang ada di lingkungan UM Pontianak. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran