Magang dan KKN terintegrasi: learning community dan learning society Abrori / 20-Aug-2017 14:08:14

Beberapa saat yang lalu UM Pontianak kedatangan tamu sejumlah 20 mahasiswa/mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Rombongan mahasiswa/mahasiswi ini dipimpin oleh Ibu Dra Hariyatmi, M.Si. Mereka berasal dari program studi Bahasa Inggris, Biologi, Akuntansi, Informatika, Matematika dan Pendidikan Kewarganegaraan. Upacara serah terima mahasiswa tersebut langsung diterima oleh Bapak Wakil Rektor 1 (Heriansyah, SH.,SHI.,M.Pd) dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bapak Arif Didik Kurinawan, S.Pd.,M.Pd. Mereka mengemban tugas magang dan Kuliah Kerja Nyata  terintegrasi. Kegiatan ini dilakukan pada, Panti Asuhan Tunas Harapan yang beralamatkan di BLKI Pontianak dan 5 sekolah di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah Kota Pontianak.    

Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah: Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa; Melaksanakan terapan IPTEKS secara teamwork dan interdispliner; Menanamkan nilai kepribadian: Nasionalisme dan jiwa Pancasila; Keuletan, etos kerja dan tangung jawab; Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan; Meningkatkan daya saing nasional; Menanamkan jiwa penelitian dan pengabdian; Eksploratif dan analisis; Mendorong learning community dan learning society.

Berdasarkan informasi bahwa UMS pada 2017 ini melaksanakan KKN dan magang ini khusus bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan model program magang di luar negeri dan dalam negeri. Khusus KKN dan magang luar negeri ke Malaysia dan Thailand selama sekitar 21 hari, merupakan program untuk menghasilkan guru berstandar internasional.

Di samping para mahasiswa peserta KKN dalam negeri yang ditempatkan di luar Jawa, seperti Pontianak, Mataram, Pangkal Pinang, Medan, Makassar, dan lain-lain. Model pemagangan bagi para mahasiswa FKIP merupakan tuntutan agar setelah lulus sarjana mereka menjadi guru berstandar internasional. Pada periode pertama 2017 ini, UMS mengirim 146 orang mahasiswa peserta KKN program magang, dengan tujuan Pangkal Pinang, Pontianak, Makassar, Medan, dan lain-lain.

Peserta program magang luar negeri sebanyak 22 mahasiswa ke Fathony University Thailand, 10 orang ke UPSI Malaysia dan 10 orang ke Khon Kaen University Thailand.  Prinsip Dasar dan Pelaksanaan: Keterpaduan aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi; Interdisipliner; Komprehensif-Komplementatif dan berdimensi luas. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran