Indeksasi DOAJ target Jurnal di UM Pontianak Abrori / 20-Aug-2017 12:08:21

Penerbitan berkala ilmiah sudah beralih dari berbasis fisik (cetak) ke elektronik (online). Pengelolaan dan penerbitan terbitan berkala ilmiah berbasis elektronik memungkinkan semua proses pengelolaan yaitu pengiriman, penyuntingan, penelaahan, dan penerbitan naskah karya ilmiah dilaksanakan secara elektronik dalam suatu sistem aplikasi yang dinamakan Open Journal System (OJS). Berbicara OJS saat ini merupakan tantangan tersendiri. Mengapa demikian? Jurnal yang beberapa tahun lalu selalu dikelola secara konvensional (cetak) saat ini beralih dikelola secara online.

Yudi selaku penanggung jawab jurnal UM Pontianak menjelaskan, “bahwa dengan sistem OJS proses pengindeksasian suatu karya tulisan ilmiah dapat diketahui dengan cepat, segera dan dapat diakses setiap saat. Outputdari kegiatan ini adalah peserta mempunyai persepsi yang sama terkait tata kelola jurnal elektronik yang baik dan benar sesuai dengan standar yang berlaku. Menambah pengetahuan tentang detail platform OJS. Dengan demikian, materi-materi yang akan disampaikanpun sangat komprehensif mulai dari bagaimana membuat membuat isu dalam jurnal, profil jurnal, tatakelola jurnal elektronik menggunakan platform, manajemen penerbitan jurnal, penggunaan akun akademik, penggunaan mesin plagiarisme, indeksasi jurnal, serta penulisan artikel ilmiah sesai dengan standar jurnal internasional” terangnya.

Workshop dibuka oleh Bapak Wakil Rektor I (Heriansyah, SH.,SHI.,M.Pd.)  dalam sambutannya beliau berharap peserta dapat menerapkan standar operasional prosedur yang baik untuk mempersiapkan jurnalnya sehingga dapat terakreditasi nasional oleh Kemenristekdikti dan terindeks diberbagai lembaga pengindeks nasional dan internasional.

Peserta workshop adalah para pengelola jurnal yang ada di lingkungan UM Pontianak. Workhsop OJS diadakan pada 12/8/17 di gedung UM Pontianak lantai 2. Workshop ini bertujuan memberikan penjelasan secara detil mengenai proses pengelolaan jurnal ilmiah online bagi para editor dan penulis naskah ilmiah. Selain itu, dalam Workhsop OJS difasilitasi oleh Kang Busro saapan fasilitator. Beliau dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, ia membahas tata kelola jurnal, proses indeksasi jurnal ilmiah nasional di lembaga pengindeks yang direkomendasikan dikti, yaitu DOAJ. Pada saat wokhsop semua jurnal yang ada di lingkungan UM Pontianak alhamdulillah telah didaftarkan pada ideksasi DOAJ.  Kontributor Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran