UM Pontianak “Kampanye Three Ends He For She” Abrori / 20-Aug-2017 12:08:07

Beberapa saat yang lalu (15/8/2017) UM Pontianak menghadiri “Kampanye Three Ends He For She” yang diadakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalimantan Barat (BPPPA Kalbar) di Hotel Kini Pontianak. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai unsur seperti SKPD, Organisasi Wanita, Organisasi Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, LSM Peduli Perempuan dan anak, pelajar, mahasiswa serta unsur Perguruan Tinggi.

Acara dikemas pertama dengan paparan Kepala BPPPA Kalbar Sumarno melaporkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan Three Ends adalah peningkatan pengetahuan perempuan dan anak terhadap akhiri kekerasan. Kampanye Three Ends adalah kampanye yang diusung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.Dia mengatakan, dengan lahirnya undang-undang dan Perda tentang perlindungan perempuan dan anak diharapkan dapat semakin memberikan perlindungan bagi setiap tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kedua paparan wakil gubernur yang dibacakan oleh Bapak Sekretaris Daerah Kalbar M Zeet Hamdy Assovie. Dalam amar sambutannya wakil gubernur menekankan pentingnya pemahaman serta kesadaran masyarakat terkait penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak, kepada semua pihak di provinsi ini untuk bersama-sama mencegah tindakan kekerasan, diskriminasi terhadap perempuan dan anak, serta mendukung diadakannya kampanye "Three Ends".

"Bersama-sama kita harus berkomitmen untuk mengakhiri perdagangan orang (Human Trafficking), akhiri kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan. Hal itu, sudah diatur dalam undang-undang nomor 23 Tahun 2004 tentang penghapusan KDRT, UU No 21 Tahun 2007 pemberantasan tidak pidana perdagangan orang, juga diperkuat dengan Perda nomor 7 Tahun 2007 tentang pencegahan dan penanganan tidak pidana perdagangan orang terutama perempuan dan anak dan Perda nomor 3 tahun 2015 tentag penyelenggaraan perlindungan perempuan dari tindak kekerasan dan Perda No 4 Tahun 2015 tentang perlindungan perempuan" tuturnya.

Berdasarkan data korban kekerasan yang tercatat pada Shelter P2TP2A Provinsi Kalimantan Barat tahun 2014 sebanyak 20 orang, dan meningkat pada tahun 2015 sebanyak 39 orang sedangkan pada tahun 2016 terjadi penurunan sekitar 33 orang. Namun, kondisi naik turunnya angka tersebut tidak dapat diprediksi.

Kampanye Three Ends melalui He For She, lanjut M Zeet merupakan bentuk komitmen Pemerintah yang memposisikan pria agar lebih peduli terhadap kesetaraan gender, sehingga dapat terwujud antara perempuan dan laki-laki setara dalam memberikan andil terhadap pembangunan bangsa dari 4 hal yakni, bagaimana perempuan dan laki-laki mendapatkan akses yang sama diberbagai peluang dan kesempatan, bagaimana perempuan dan laki-laki bisa berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, bagaimana perempuan dan laki-laki sebagai kontrol dalam pembangunan dan bagaimana perempuan dan laki-laki bisa mendapatkan dari hasil pembangunan tersebut. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran