Menyiapkan Slide

UM Pontianak jajaki kerjasama dengan Balitbang Kabupaten Ketapang Abrori / 15-Aug-2017 19:08:55

UM Pontianak terus mengembangkan kerjasasama dengan lintas program dan sektor terkait, salah satunya penjajakan untuk melakukan Nota kesepahaman (Memorandum Of Understanding atau MoU) dengan pemerintah Kabupaten Ketapang. UM Pontianak sebagai salah satu Universitas yang menjadikan program pada Tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian.

Sesuai peraturan Bupati Ketapang No. 63 tahun 2016 Badan Penelitian dan Pengembangan Kapupaten Ketapang mempunyai tugas dan fungsi penunjang urusan pemerintah di bidang penelitian dan pengembangan yang menjadi kewenangan daerah. Penelitian dan pengembangan yang dimaksud meliputi pengkajian, penelitian, perekayasaan, penerapan, pengoperasian teknologi serta evaluasi kebijakan. Sehingga antara UM Pontianak dan Balitbang Ketapang dapat bekerjasama dalam pengembangan perikanan. Mengingat Kab. Ketapang memiliki potensi perikanan yang cukup besar antara lain memiliki daerah pantai yang memanjang dari selatan sampai Utara dan sebagian pantai yg merupakan muara sungai. Selain itu, Kabupaten Ketapang memiliki sungai terpanjang yaitu sungai Pawan yang menghubungkan kota Ketapang dg beberapa daerah lainnya seperti kecamatan Sandai. Berdasarkan hal tersebut maka dekan FPIK UM Pontianak Bapak Ir. Hastiadi Hasan, MMA dengan kepala Ir. Cipriana lestari MSc Kepala Badan Penelitian dan Pemgembangan Kabupaten Ketapang pada (8/8/17) melakukan pertemuan di Kabapaten Ketapang untuk membahas rencana kerjasama tersebut.

Dijelaskan oleh Bapak Ir. Hastiadi Hasan, MMA, bahwa penelitian dan pengembangan yang dilakukan berorientasi pada agenda riset, dan membuka ruang yang cukup luas dalam melibatkan civitas akademika FPIK, baik itu dosen maupaun mahasiswa untuk melakukan kajian penelitian tentang budidaya perairan, Kelautan dan Perikanan secara bersama-sama.

"Kerjasama ini menjadi sebuah kewajiban karena semua aktifitas yang berkaitan dengan sektor budidaya perairan di daerah juga menjadi tanggung jawab Perguruan Tinggi di daerah.  Ruang lingkup kerja sama meliputi penelitian dan pengembangan teknologi perikanan; pemanfaatan sungai pawan untuk kegiatan ekonomis budidaya/ keramba, budidaya air tawar, pembinaan petani perikanan, praktik lapangan; penelitian dosen; penyebarluasan informasi dan sosialisasi paket teknologi perikanan; pertukaran informasi dan promosi; percontohan dan diseminasi teknologi pada kawasan pengembangan perikanan sebagai upaya dalam pengembangan kegiatan perikanan serta pengabdian kepada masyarakat, berharap kerjasama ini bisa diimplementasikan," jelasnya.

"MoU yang tengah dirintis ini merupakan kelanjutan kerjasama yang  pernah dilakukan antara UM Pontianak dengan Pemda Ketapang pada tahun 2007. Dari pertemuan yang dilakukan disepakati  Rencana kedua lembaga akan melakukan penandatanganan MoU antara Pihak Bupati Kabupaten Ketapang dengan Rektor UM Pontianak" pungkasnya. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran