Menyiapkan Slide

2 Calon Tutor UM Pontianak siap Dampingi Pengelola Jurnal Kalbar Abrori / 26-Jul-2017 16:07:50

Dalam upaya menigkatkan tata kelola terbitan berkala ilmiah berbasis elektronik melalui Open Journal System (OJS), UM Pontianak tidak kalah dengan beberapa perguruan tinggi lain yang sudah mulai menggunakan dan familiar dengan OJS. Oleh karena itu, UM Pontianak mengirimkan calon tutor dalam kegiatan Training of Trainer Relawan Jurnal Indonesia (RJI) yang dilakukan dari tanggal 18 dan 19 Juli 2017 bertempat di Hotel Grand Tjokro, Yogyakarta.

Sebanyak 80 orang calon tutor disiapkan RJI untuk mendampingi pengelola jurnal seluruh Indonesia. Pelatihan yang yang dilakukan selama 2 (dua) hari tersebut, para calon tutor telah mengikut pembekalan materi terkait aplikasi OJS, akreditasi jurnal nasional, indeksasi jurnal, manajemen penerbitan dan materi kepenulisan ilmiah.

Dalam sesi akhir kegiatan ToT Tata Kelola Jurnal Elektronik Tahun 2017, Mochammad Tanzil Multazam, tim ahli RJI, menyampaikan harapan di masa yang akan datang para calon tutor mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dari pelatihan. “Setidaknya dimulai dengan membangun jurnal elektronik di kampus masing-masing“, terang Tanzil.

Sebagai organisasi nirlaba, RJI yang berdiri pada tahun 2016 ini sudah mendapat banyak tawaran untuk membina jurnal di kampus-kampus daerah. Para calon tutor yang telah mengikuti pelatihan akan terus dipantau perkembangannya melalui pengelolaan jurnal masing-masing.

Salah satu peserta TOT yang juga Pengelola Jurnal Universitas Muhammadiyah Pontianak, Fenni Supriadi, SE, MM mengatakan kurangnya pemahaman mengenai tata kelola jurnal berbasis OJS menjadi pekerjaan rumah bagi semua pengelola jurnal ilmiah. Beliau mengambil specialisasi dalam manajemen penerbitan. Sedang peserta dari UM Pontianak yang lain Abrori lebih fokus ke pada indeksasi jurnal.

Hal ini menjadi tugas tutor RJI untuk mendampingi pengelola jurnal dalam tata kelola jurnal di institusi/perguruan tinggi sesuai dengan filosofi RJI, berbagi bersama giatkan publikasi.

“Harapan kita, dengan tata kelola jurnal yang baik tentunya akan menghasilkan kualitas tulisan ilmiah yang baik yang tersitasi dan terdiseminasi dengan luas serta meningkatkan kualitas jurnal yang dikelola menuju jurnal nasional terakreditasi atau bahkan menjadi jurnal internasional bereputasi yang pada gilirannya memberikan kontribusi bagi IPTEK dan kemaslahatan banyak pihak” ungkapnya. Kontributor Andre

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran