Menyiapkan Slide

484 Mahasiswa Mengikuti Program KKU/KKN-PPM Abrori / 25-Jul-2017 11:07:04

Pemberdayaan masyarakat Kalimantan Barat masih membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak, terutama dunia pendidikan tinggi. Perguruan tinggi sebagai sumber ilmu pengetahuan, memiliki sumberdaya manusia yang handal, mampu memberikan alternatif pemberdayaan dan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Hal ini, sesuai dengan mandat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,  khususnya dharma  yang ketiga “Pengabdian Kepada Masyarakat”. Salah satu dharma yang di maksud adalah kegiatan Kuliah Kerja Usaha/Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKU/KKN-PPM) yang secara integral merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa tingkat strata S1 di Lingkungan UM Pontianak.

UM Pontianak sebagai salah satu Universitas yang menjadikan program KKU/KKN-PPM sebagai program unggulan telah memberikan kontribusi kongkrit bagi masyarakat. Salah satunya adalah menggali potensi sumberdaya wilayah dan penduduknya agar dapat dimanfaatkan secara optimal berdasarkan asas manfaat untuk kepentingan bersama. Upaya pemberdayaan tersebut perlu dilakukan agar tingkat kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Barat secara keseluruhan mencapai tingkatan hidup yang lebih baik.

Sementara ini, dalam bentuk KKU/KKN-PPM ini fokus utamanya adalah pemecahan masalah yang dihadapi oleh stakeholders. Program-program dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholders (bottom up). KKU/KKN-PPM dilaksanakan oleh mahasiswa secara berkelompok dengan keterlibatan interdisiplin ilmu sebagai subyek program dengan relasinya yang lebih luas di masyarakat. Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan IPTEKS secara sistematis dalam program pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan KKU/KKN-PPM juga diharapkan menjadi pendorong pengembangan riset terapan secara mutualistik dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat serta mengembangkan kepekaan rasa dan kognisi sosial mahasiswa. Bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat, kegiatan KKU/KKN-PPM dapat membantu percepatan proses pembangunan serta membentuk kader penerus kegiatan pembangunan. Beberapa saat yang lalu UM Pontianak telah menerjunkan sejumlah 484 mahasiswa untuk program tersebut, program dilaksanakan tersebar di beberapa kabupaten antara lain 34 desa di 9 Kecamatan program KKU di kabupaten Mempawah, 11 Desa Program KKN-PPM (Sambas, Kubu Raya dan Melawi) dan 1 Desa Iptek Bagi Masyarakat di Kabupaten Sanggau. Acara dilepas oleh Bapak Rektor, Lembaga Penelitian dan Pengabdian, Para Dosen Pembimbing Lapangan dan unsur kepanitiaan KKU/KKN-PPM UM Pontianak. Abrori  

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran