Menyiapkan Slide

Implemantasi keberadaan UM Pontianak Melalui Program KKU-KKN-PPM Abrori / 24-Jul-2017 20:07:15

Kepedulian civitas akademika UM Pontianak terhadap masalah kemasyarakatan di Provinsi Kalimantan Barat sangat tinggi. Hal ini, dibuktikan untuk kesekian kalinya tim pengabdian UM Pontianak turun lapangan langsung dengan mahasiswa guna pemberdayaan, pendampingan masyarakat.

Kegiatan tersebut dilakukan dibeberapa desa di Kabupaten Sambas. Adapun lokasi terpilih unutk pengabdian pada masyarakat adalah Desa Serumpun Buluh. Pengabdian ini atas dukungan dari Kemenristek Dikti tahun anggaran 2017 dalam Bentuk program KKU-KKN-PPM.

Kegiatan program ini dilakukan atas beberapa tahapan pertama yang dilakukan oleh tim KKN-PPM (Devi Yasmin, Dr. Muiszudin dan Rudi Alfian) dengan pemerintahan desa berkaitan dengan permasalahan yang akan diangkat dan diselesai melalui program KKU-KKN-PPM. ini yang dibuktikan dengan adanya surat pernyataan kesedian dari Mitra yaitu Pemerintahan Desa Serumpun Buluh Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas.

Kedua, seletah itu Tim mengajukan lewat proposal ke dikti, Alhamdulillah telah disetujui oleh Dikti program-program yang diusulkan, kemudian melakukan persiapan berupa memberikan pembekalan kepada seluruh mahasiswa dengan materi program-program yang akan dilaksanakan, pendekatan palaksanaan berbagai program, menjelaskan situasi kondisi masyarakat dan gambaran umum masyarakat mitra.

Berkaitan dengan program ada empat secara garis besar program yang akan dilaksanakan  yaitu peningktan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan peningkatan nilai ekonomis  berupa membuat produk dari berbagai hasil pertanian masyarakat, pelatihan budidaya ikan disertai dengan pembuatan pakan ikan dengan mengunakan bahan-bahan lokal, pembentukan dan pendampingan kader untuk pendidikan anak usia dini, sedangkan di bidang kesehatan lebih di fokuskan kepada penyediaan penjernian air bagi masyarakat.

Tahapan terakhir dari program berupa implementasi berbagai program tersebut di atas kepada masyarakat yang menjadi mitra. Berkaitan dengan implematasi kegitan KKU-KKN-PPM ini, para mahasiswa yang telah diturunkan ke lapangan pada tanggal 22 Juli 2017 sejumlah 30 mahasiswa yang terdiri atas empat Program Studi yaitu Program Studi Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi PG PAUD dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Ilmu Kesehatan dan Program Studi Budidaya Perairan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Mahasiswa tersebut akan mengabdi selama 40 hari kedepan dengan melaksanakan berbagai program yang didampingi oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Penyerahan mahasiswa peserta KKN-PPM dari tim Pengandian dan DPL langsung kepada kepala desa Serumpun Buluh Bapak Alfian yang didampingi oleh para pengurus lembaga desa lainya yaitu ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

Kepala Desa Serumpun Buluh dalam sambutannya di acara penyerahan mahasiswa KKU-KKN-PPM menyampai tiga hal yaitu: 1). Pemerintahan Desa telah jauh hari mensosialisasikan program dan pelaksanaan KKU-KKN-PPM ke masyarakatnya dalam berbagai acara desa. 2). Menyambut baik kegiatan ini dilakukan karena melanjutkan kegiatan Kerja Usaha tahun lalu yang dilakukan oleh Mahasiswa UM Pontianak serta program lebih terarah dan menyetuh kepada masyarakat langsung. 3). Pemerintah, perangkat desa dan masyarakat siap bekerja sama, terlibat secara maksimal dan mensukseskan program-program yang akan dilaksanakan. Kontributor Dedi Hariyanto


Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran