Menyiapkan Slide

Kesekretariatan: Cermin Kepeminpinan Ormawa Kampus Abrori / 23-Jul-2017 11:07:41

Salah satu bagian terpenting dalam rumah tangga berorganisasi kampus adalah bidang kesekretariatan. Bidang kesekretariatan adalah salah satu bidang yang mewadahi penataan dan pengelolaan kegiatan administrasi dalam organisasi, agar tertata dengan baik dan rapi.

Penataan administrasi yang baik dan rapi akan memudahkan setiap anggota lama atau periode kepengurusan yang baru mengetahui arsip dan asset organisasi yang diwariskan oleh pengurus sebelumnya. Dalam dunia organisasi, khususnya lembaga kampus, setiap periode kepengurusan pasti mempunyai kesekretariatan yang dikelola oleh sekretaris untuk mengelola urusan rumah tangga organisasi.

Kesekretariatan yang baik mencerminkan kepeminpinan dalam organiasasi tersebut telah berjalan dengan rapi dan benar. Oleh sebab itu, bidang kesekretariatan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UM Pontianak periode 2017/2018 menyelenggarakan sosialisasi kesekretariatan dan administrasi dengan tujuan mewadahi tata kelola administrasi pada organisasi kampus yang berada di bawahnya. Kegiatan sosialisasi ini diadakan pada (8/6).

Sasaran kegiatan ini adalah seluruh bidang kesekretariatan organisasi mahasiswa yang berada di internal kampus UM Pontianak. Acara dikemas dengan tema“Sosialisasi Bidang Kesekretariatan dalam Menyelenggara dan Mengelola Kegiatan Administrasi pada Lembaga Organisasi di Zona Internal Kampus UM Pontianak”.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri dan dibuka langsung oleh wakil rektor III UM Pontianak, Bapak Dr. Mawardi, MM. Dalam acara pembukaan, beliau sungguh mengapresiasi kegiatan tersebut, dan selanjutnya dapat dilaksanakan oleh setiap lembaga kampus khususnya bidang kesekretariatan.

Agenda selanjutnya adalah penyampaian materi dari Menteri Sekretaris Negara (MenSesNeg) yang didampingi oleh Presma BEM KM UM Pontianak. Materi yang disampaikan berupa perihal surat-menyurat, proposal dan laporan kegiatan, serta laporan pertanggungjawaban oleh kepengurusan yang menjabat.

Sosialisasi ini diikuti kurang lebih 15 orang mahasiswa, yang merupakan perwakilan dari masing-masing ormawa kampus. Untuk kedepannya setelah kegiatan sosialisasi ini, BEM KM UM Pontianak akan merancang sebuah buku standar kesekretariatan yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengelola kesekretariatan oleh setiap ormawa kampus biru UM Pontianak*.

* Kontributor Tika Pratiwi (mensenneg bem km um pnk/pend kimia) 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran