Menyiapkan Slide

NUDC bagian Penting Kompetisi di Era Global Abrori / 14-Jul-2017 19:07:07

Dalam rangka peningkatan daya saing lulusan di era global, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi setiap tahun mengadakan lomba debat berbahasa Inggris, National University Debating Championship (NUDC).

NUDC adalah Lomba debat antarperguruan tinggi dalam bahasa Inggris. ini menjadi bagian penting dari kompetisi di era global. Mengingat lomba debat ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan kemampuan berargumentasi. Kemampuan bahasa Inggris yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual.

NUDC Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, diadakan di Kampus UM Pontianak pada tanggal 13-14 Juli 2017. Acara debat tersebut diikuti 8 perguruan tinggi swasta se Kalimantan Barat. Adapun Perguruan Tinggi yang mengikutinya antara lain: STBA Pontiank, STIK Muhammadiyah Pontianak, STIMIK Pontianak, Politeknik Tonggak Equator, UM Pontianak, IKIP PGRI Pontianak, STIE Mulia Singkawang, UPB Pontianak. Pemenang NUDC tingkat Provinsi akan mewakili Kalbar ke tingkat selanjutnya.   

NUDC tingkat nasional berdasarkan edaran kemenristekdikti akan dilaksanakan pada bulan September 2017. Sehubungan dengan hal tersebut dilaksanakanlah beberapa tahapan lomba/seleksi NUDC tahun 2017 di antaranya NUDC: pertama tingkat Perguruan Tinggi untuk menentukan 1 (satu) tim terbaik yang terdiri atas 2 (dua) mahasiswa sebagai Debater dan 1 (satu) Adjudicator.

Kedua tingkat Wilayah. Pada tingkat ini perguruan tinggi mendaftarkan 1 (satu) tim terbaik ke untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah. Ketiga tingkat Nasional. Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh 112 tim yang merupakan pemenang tingkat wilayah kopertis I-XIV sesuai kuota.

Adapun jumlah keseluruhan peserta tingkat nasional berjumlah 336 orang yang terdiri atas 224 mahasiswa Debaters dan 112 orang N1 Adjudicators. Sedangkan pada tingkat Internasional. Indonesia akan mengambil satu tim terbaik terbaik untuk mewakili Indonesia mengikuti debat tingkat dunia World University Debating Championship (WUDC) 2017 di Meksiko. Abrori dari Berbagai sumber 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran