Menyiapkan Slide

Diskusi Mengantisipasi Adanya Paham dan Tindakan Radikalisme Pebli hardi / 29-May-2017 12:05:55

Fundamentalisme adalah sebuah gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fondasi). Karenanya, kelompok-kelompok yang mengikuti paham ini seringkali berbenturan dengan kelompok-kelompok lain bahkan yang ada di lingkungan agamanya sendiri. Biasanya hal ini didasarkan pada tafsir atau interpretasi secara harafiah semua ajaran yang terkandung dalam Kitab Suci atau buku pedoman lainnya.

Secara otomatis mereka senang terhadap kekerasan, teror dan perang, karena berambisi untuk merubah orang lain, dan sulit untuk toleran dengan lingkungan yang berlainan dengan pahamnya.

Fundamentalis dan Terorisme merupakan akar dari radikalisme. Radikalisme terdiri dari beberapa tipologi, salah satunya radikal teroris yang menyangkut bidang keagamaan. Terkait isu radikalisme ini, Kepolisian Resort Kota, Pontianak Kota mengadakan acara Tatap Muka sekaligus FGD (Focus Discussion Group/ Diskusi Kelompok Terarah) pada hari hari Rabu, 03/5/17, mulai pukul 08.00 pagi, di Aula Sultan Abdurrahman Kantor Walikota Pontianak. Acara ini diikuti kurang lebih 80 peserta, baik dari BEM Universitas maupun LSM. Kapolresta turut mengundang lembaga pemerintah, seperti Walikota Pontianak, Pengadilan Negeri, Mabes Polri dan lain sebagainya. Selain itu, mengundang pula Bupati Kubu Raya sekaligus memberi kata sambutan terkait radikalisme tersebut. Beliau mengajak seluruh lapisan masyarakat, LSM dan Mahasiswa agar bersama-sama menjaga keharmonisan dan kerukunan terutama umat beragama serta mengantisipasi adanya paham dan tindakan radikalisme khususnya di Kalimantan Barat. Hal ini sesuai dengan tema yang angkat, yakni : “Meningkatkan Sinergi Keutuhan NKRI dalam Rangka Antisipasi Paham Radikalisme Kota Pontianak dan Kubu Raya”. * Tika Pratiwi (menteri sekretaris negara/pend. kimia) diedit oleh Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran