Menyiapkan Slide

Sambut Ramadhan Mahasiswa UM Pontianak Bersihkan 30 Masjid Abrori / 27-May-2017 16:05:12

Mahasiswa UM Pontianak punya cara sendiri dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H yang jatuh pada hari Sabtu, 27 Mei 2017. Dengan semangat pagi, 300-an mahasiswa berkumpul di halaman parkir kampus lengkap dengan satu paket alat kebersihan yang nantinya akan di hibahkan ke masing-masing masjid dalam rangka aksi Bersih Bersih Masjid (BBM) serentak di 30 Masjid se-Kota Pontianak dan Kubu Raya. Kegiatan ini diprakarsai oleh BP MKDU Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Forum Mentor Al-Islam Kemuhammadiyahan (FM-AIK) dan dibantu oleh kader-kader IMM se-UM Pontianak baik yang berstatus mentor AIK maupun mentee AIK.

Hermanto, M.Pd selaku kepala BP MKDU AIK mengatakan bahwa kegiatan BBM ini adalah salah satu bentuk konkrit syiar ramadhan yang menjadi agenda rutin kampus dalam menyemarakkan bulan suci ramadhan tiap tahunnya dan menjadi ajang latihan bagi mahasiswa dalam mengasah kepedulian sosial. Tidak hanya itu saja “ini adalah bentuk kegembiraan kita dalam menyambut tamu yang agung, Ramadhan mubarok” ujarnya.

BBM adalah upaya dalam menanamkan kecerdasan sosial kepada mahasiswa, “kegiatan BBM ini upaya untuk menanamkan kecerdasan sosial mahasiswa, sebagai ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan untuk berbagi sesama. Berbagi tidak hanya berbentuk materi, uang, tapi dengan berbuat amal sosial juga bisa mendatangkan kebahagiaan” pungkasnya di sela-sela kegiatan BBM.

Ketua panita BBM, Sunardi (23) mengatakan kegiatan ini sangat positif karena mahasiswa dapat membantu masyarakat membersihkan masjid di sekitar mereka. “selain kita meringankan beban masyarakat setempat, kita juga bisa menjalin silaturahim dengan masyarakat di sekitar masjid” paparnya lugas.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini mengaku senang dan mengapresiasi karena dapat berkontribusi langsung kepada masyarakat lewat masjid-masjid yang ada. “Syukur alhamdulillah, insyaallah bermanfaat bagi mahasiswa maupun warga sekitar yang kite bantu, bise kenal satu sama lain. Pokoknye ini la awal menjelang Ramadhan yang dapat bangun kebersamaan” ungkap Eko Rizky Adityo (20) mahasiswa prodi Manajemen semester 2.

Panitia berharap semoga masyarakat setempat merasa nyaman dan tenang dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Setidaknya kegiatan positif ini harus terus dilakukan dan dikembangkan dengan variasi baru, “semoga tahun depan lebih banyak lagi masjid yang bisa kita bersihkan dan kalau bisa kita bisa merangkul organisasi dan instansi lain seperti di bidang kesehatan, jadi bisa sekalian memberikan layanan cek kesehatan gratis misalnya.” ujar ketua panitia BBM, Sunardi. Kontributor Fadhil Mahdi diedit oleh Abrori


Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran