Menyiapkan Slide

KKN-PPM Solusi Pemecahan Masalah Stakeholders Pemerintahan Desa Pebli hardi / 24-May-2017 11:05:49

Pemberdayaan masyarakat Kalimantan Barat masih membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak, terutama dunia pendidikan tinggi. Perguruan tinggi sebagai sumber ilmu pengetahuan, memiliki sumberdaya manusia yang mampu memberikan alternatif pemberdayaan dan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Hal ini sesuai dengan mandat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,  khususnya dharma  yang ketiga “Pengabdian Kepada Masyarakat”. Salah satu dharma yang dimaksud adalah kegiatan Kuliah Kerja Usaha (disingkat KKU) yang secara integral merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa tingkat strata S1.

UM Pontianak sebagai salah satu Universitas yang menjadikan program KKU sebagai program unggulan telah memberikan kontribusi kongkrit bagi masyarakat. KKU mempunyai sejarah panjang dalam perkembangannya, dari awal pelaksanaan KKU adalah Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKU/KKN-PPM). Pada kegiatan KKU/KKN-PPM ini fokus utamanya adalah pemecahan masalah yang dihadapi oleh stakeholders.

Program-program dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholders (bottom up). KKU/KKN-PPM dilaksanakan oleh mahasiswa secara berkelompok dengan keterlibatan interdisiplin ilmu sebagai subyek program dengan relasinya yang lebih luas di masyarakat.

Saat ini UM Pontianak akan melaksanakan Program KKN-PPM, di Desa Serumpun Buluh Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas oleh tim pengabdian (Dedi Hariyanto, Devi Yasmin, Dr Muiszudin dan Rudi Alfiansyah) yang mendapatkan hibah dari Kemenristek Dikti, diawali dengan koordinasi dengan pemerintahan desa sebagai mitra kegiatan. Kepala desa Serumpun Buluh (Bapak Alfian) menyambut baik dengan disetujuinya pelaksanaan kegiatan ini oleh Kemenristek Dikti.

Beliau mengunkapkan bahwa pemerintahan desa dengan berbagai komponen masyarakat Desa serumpun Buluh akan mendukung, berpartisipasi, ikut terlibat dalam berbagai kegiatan yang akan di laksaksanakan. Hal ini disampaikanbeliau saat bertemu dengan tim pengambdian UM Pontianak yang datang ke kantor desa guna silaturahmi sekaligus koordinasi dan membicarakan langkah selanjutnya sebelum para mahasiswa turun kelapangan.

Selain itu, pemerintahan Desa Serumpun Buluh sebagai Mitra akan menyiapkan sarana dan prasarana terkait kebutuhan mahasiswa (sebanyak 30 orang) selama kegiatan berupa penginapan, penerangan, air, aula desa dan lahan kosong untuk mendukung berbagai kegiatan. Palaksanaan KKN-PPM ini akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli – 2 September 2017 bersamaan dengan pelaksanaan Matakuliah KKU bagi seluruh mahasiswa yang sudah memenuhi syarat. Kontributor Dedi Hariyanto di edit oleh Abrori 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran