Menyiapkan Slide

Menulis Ilmiah adalah Kompetensi Pebli hardi / 23-May-2017 09:05:56

Ketika berdiskusi dengan seorang teman dengan obrolan menulis ilmiah, ada satu anggapan bahwa memahami menulis ilmiah sebagai mata kuliah atau bahan pembelajaran, penulisan proposal penelitian  semata. Kita sering lupa Menulis Ilmiah itu berasal dari “menulis” yang berarti perbuatan menuangkan ide/gagasan secara tertulis. Sedangkan “ilmiah” berarti bersifat ilmu; memenuhi kaidah ilmu pengetahuan. Sangat jelas bahwa Menulis Ilmiah merupakan aktifitas dalam menuangkan ide/gagasan secara tertulis yang memenuhi kaidah ilmu pengetahuan.  

Perkara ada yang berpendapat bahwa menulis Ilmiah adalah keterampilan atau perilaku dalam menuangkan ide atau gagasan secara tertulis yang disajikan secara logis dan sistematis yang berisi pengetahuan serta pengalaman faktual secara obyektif. Hal itu syah-syah saja.

Menulis Ilmiah adalah kompetensi. Mengapa? Karena banyak orang belajar Menulis Ilmiah tapi pada akhirnya tetap tidak bisa menulis ilmiah. Menulis Ilmiah menjadi gagal ketika para pembelajar tidak mampu menulis ilmiah, ketika pengajar tidak mau dan tidak mampu menjadi contoh dalam menulis ilmiah. Menulis Ilmiah hanya sebatas dipelajari, tetapi tidak dilakukan. Jangankan menjadi terbiasa menulis ilmiah, melatih untuk menulis ilmiah saja tidak dilakukan. Sekali lagi, menulis ilmiah adalah kompetensi.

Caranya sederhana, pembelajar maupun pengajar harus latihan menulis yang serius, terarah, dan sesuai kaidah penulisan ilmiah. Setelah itu, berani untuk mempublikasikannya sehingga bermanfaat bagi pembaca. Menulis Ilmiah harus dilandasi “keteladanan”, contoh yang baik dalam menulis ilmiah. Maka Menulis Ilmah adalah kompetensi.

Setidaknya kompetensi Menulis Ilmiah yang harus dilandasi adalah pengetahuan yang mampu membentuk sikap dan dilakukan melalui proses yang baik sehingga menjadi terampil dan berwujud dalam hasil tulisan ilmiah yang bisa dijadikan profesi.

Berbicara kampus karya Ilmiah merupakan salah satu kegiatan para akademisi, kegiatan ini bertujuan mencetak para penulis ilmiah yang aktif dalam tulis menulis dengan pengetahuan luas melalui penelitian-penelitian dari berbagai buku-buku ilmiah yang telah ada sebelumnya. Pada 15/5/17 UM Pontianak telah mengadakan pelatihan orientasi penelitian dan pembuatan karya ilmiah. Pelatihan ini terkait bagaimana menulis ilmiah. Acara yang didukung oleh Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Wilayah Kalimantan ini telah dilaksanakan sehari penuh.

Adapun Peserta yang telah hadir sebanyak 25 orang terdiri dari 9 lembaga yaitu 7 orang dosen dari Fakultas Agama Islam UM Pontianak, 2 orang dosen STAI Mempawah, 2 orang dosen STIS Pontianak, 3 orang dosen STIT Darul Ulum, 2 orang dosen IAIS Sambas, 1 orang dosen STIT Iqro` Kapuas Hulu, 2 orang dosen STIT Singkawang, 4 orang dosen STAIMA Sintang dan 2 orang dosen STAIM Mempawah. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran