Menyiapkan Slide

PKM: Aplikasi Kesmas di Tengah Masyarakat Pebli hardi / 19-May-2017 10:05:42

Praktikum Kesehatan Masyarakat (PKM) adalah salah satu kegiatan yang diperuntukan bagi mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak.

PKM merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan pembelajaran pada mahasiswa guna melaksanakan upaya-upaya pemecahan masalah kesehatan masyarakat khususnya masalah penyakit menular berbasis lingkungan, kesehatan ibu dan anak di tingkat desa dengan melalui beberapa tahapan yang antara lain; identifikasi masalah, penentuan prioritas masalah, analisis faktor penghambat dan pendukung masalah,  kemudian  dilanjutkan penyusunan plan of action (POA) untuk mengembangkan intervensinya. 

Selian itu, PKM dapat digunakan sebagai alat untuk menerapkan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan (hard skill) dan pengalaman soft skill individu mahasiswa. PKM dapat digunakan juga sebagai ajang melatih kemampuan profesional yang harus dimiliki oleh setiap provider health (tenaga kesehatan) masyarakat.  

Tujuan PKM ini adalah untuk menganalisa situasi dan mengidentifikasi masalah Kesehatan Ibu dan Anak sampai kepada tahap intervensi dan mengevaluasi program kesehatan yang sudah dijalankan. Dalam hal ini, mahasiswa bukan hanya mampu melihat, mengetahui serta memahami tetapi juga dapat melakukan tindakan–tindakan atau program –program kesehatan guna memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa tentang ilmu kesehatan masyarakat dan aplikasinya ditengah masyarakat.

PKM Fikes UM Pontianak kali ini dilaksanakan di dua Kabupaten Mempawaha dan Kubu Raya. Proses PKM dilaksanakan cukup lama kurang lebih 5 bulan, terjadwal dari pesiapan mulai bulan Januari, pembekalan bulan Februari, keggiatan di lapangan antara bulan Februari-April dan presentasi di masing-masing Kabupaten Kota pada bulan Mei 2017.       

Prsentasi program PKM di kabupaten Mempawah dihadiri antara lain hadir dari unsur Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yaitu Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kabid Kesmas, Kasi Kesga, Kepala Puskesmas Se Gedong, Kepala Puskesmas Purun, Kepala Puskesmas Anjungan, Kepala Puskesmas  Sungai Pinyuh, Kepala Puskesmas Toho, Kepala Puskesmas Bakau Kecil, Wakil Dekan, Kaprodi, Panitia PKM dan sejumlah dosen pembimbing lapangan.

Sementara itu, presentasi PKM di Kabupaten Kubu Raya dihadiri antara lain Kepala Dinas Kesehatan, Kabid Yankes, Kasi Kesehatan Primer, Kepala Puskesmas Punggur, Kepala Puskesmas Kakap, Kepala Puskesmas Rasau Jaya, Kepala Puskesmas Sungai Ambang, bu Dekan Fikes, panitia PKM dan Dosen Pembimbing Lapangan. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran