Menyiapkan Slide

Jihad Akademik Pebli hardi / 16-May-2017 10:05:23

Silaturahmi Nasional Koordinator Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah 2017 seluruh Indonesia (SILATNAS KORKOM IMM 2017 Se-Indonesia) selesai dilaksanakan, Adapun tema yang diangkat "Internalisasi Pengkaderan IMM Menuju Indonesia Berdaulat" acara ini diadakan oleh KORKOM IMM Universitas Ahmad Dahlan yang berlangsung dari tanggal 29/4- 01/5 /17 di Hotel Universitas Negeri Yogyakarta.

Acara SILATNAS KORKOM IMM 2017 dibuka langsung oleh Wakil Rektor 3 Universitas Ahmad Dahlan oleh Bapak Dr. Abdul Fadlil, M.T yang dihadiri oleh beberapa komisariat se-Indonesia dengan masing-masing mengutus 3 peserta delegasi  perkomisariat universitas. Jumlah keseluruhan peserta sebanyak 100 orang dari 23 universitas baik PTM maupun non-PTM termasuk UM pontianak.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama acara  SILATNAS KORKOM IMM 2017 selama 3 (tiga) hari di antaranya galadiner, ramah-tamah yg bertemakan "sambung rasa IMM" dengan mengangkat judul Jihad Akademik yang diisi oleh IMMawan Andra Nubowo (lulusan Perancis), IMMawan Dr. Pradana Boy ZTF, SA.G., MA (lulusan Australia), dan IMMawan Najib DH., P.hD (lulusan Amerika) jihad akademik di ambil sabagai judul karena sesuai dengan latar belakang mahasiswa aktivis, diharapkan materi dan pengalaman yang disampikan dapat memotivasi para peserta untuk berjihad dalam berakademik.

Kegiatan lain dalam acara ini adalah sidang-sidang yang dilakukan pada hari minggu (30/4) dengan total 5 sidang pleno. Ini membahas tata tertib, Setandar Operasi Prosedur KORKOM, dan kaidah serta wadah KORKOM, ada juga latar belakang permasalahan IMM sendiri sidang dalam kegiatan SILATNAS KORKOM IMM 2017 ini berpatokan pada hasil SILATNAS KORKOM IMM terakhir kali yang diselenggarakan pada tahun 2013.

Sidang dipimpin oleh presidium (1 pimpinan, 2 anggota pimpinan sidang) yang dipilih dari peserta perwakilan utusan universitas sesuai kesepakatan bersama. Sidang berjalan dengan kondusif, aktif dan lancar dengan penyampaian order (pendapat), penggantian pasal yang sudah tidak relevan, sanggahan serta  justifikasi oleh peserta sidang.

Hasil dari sidang pleno 1-5 yang telah disepakati bersama den ditetapkan pimpinan sidang. Hasil inilah yang nantinya akan menjadi panduan setiap KORKOM dalam menjalankan arah pengkaderan dan kegiatan shingga lebih terarah tentu dengan harapan melahirkan kader yang berkualitas.

Pada hari terakhir acara SILATNAS KORKOM IMM 2017 se-Indonesia ditutup dengan refreshing seluruh peserta ke tempat wisata yang menjadi rujukan dan mempunyai nilai sejarah di daerah sekitar jogja yang diawali dengan wisata Candi Prambanan, Islamic Centar AUD, dan Taman Sari Yogja serta kunjungan ke desa Kauman beserta Masjid Agung Kauman dan Malioboro.

Deligasi dari UM Pontianak berjumlah 7 peserta yaitu Fadhil Mahdi (Fekon), Miea Sari (Fekon), Siti Kadhijah (Fekon), Dessy (Kimia FKIP), Nurul Ilmi (Fikes), Andika (Biologi, FKIP), Anis setyaningsih (Fikes). UM Pontianak menjadi Universitas yang mengirim deligasi peserta terbanyak. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan pembentukan Koordinasi Komisariat (KORKOM). Rencana setelah kegiatan SILATNAS KORKOM IMM 2017 selesai, kemudian delegasi pontianak tidak serta merta kembali ke UM pontianak untuk menjalankan perkuliahan dan amanah yang telah menanti, mereka melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) lebih tepatnya berkunjung di Komisariat Fisipol dan KORKOM A.R Fahrudin, adapun maksud dari kunjungan tersebut tidak lain untuk menggali ilmu tentang IMM, berdiskusi tentang perkaderan, dan sharing tentang masalah yang dihadapi, serta menjalin silaturrahim antarkader IMM.  Anis Setyaningsih

Editor : Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran