Menyiapkan Slide

Pembinaan dan Pengembangan Riset di Lingkungan PTM/PTMA Pebli hardi / 12-May-2017 09:05:57

UM Pontianak mempunyai gawe besar workshop nasional pembinaan dan pengembangan Riset. Rencana pelaksanaan padsa tanggal 12-14 Mei 2017 di Aula UM Pontianak. Berbicara riset adalah salah satu ukuran eksistensi perguruan tinggi, dilihat dari luaran riset inovatif yang dilakukan para dosen di lingkungan perguruan tingginya  yang memberi kontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kontribusi luaran riset seperti buku ajar, paten dan luaran yang bersifat komersial menjadi faktor diterminan bagi kemajuan sebuah perguruan tinggi. Salah satu institusi yang diharapkan dapat membantu riset-riset inovatif dan berkualitas di perguruan tinggi adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dikelola Departemen Keuangan RI.

Bantuan Dana Riset Inovatif Produktif (RISPRO) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Departemen Keuangan adalah program pendanaan riset bersifat multidisiplin  dan  dilaksanakan  dalam  tahun  jamak (multiyears) yang ditujukan Untuk mendorong inovasi produk riset dan mengarah pada komersialisasi/implementasi luaran riset. Tujuan bantuan dana ini agar dapat mendorong riset yang dapat meningkatkan daya saing bangsa dengan arah sebagai berikut:(1) Mengembangkan dan/atau menghasilkan produk;(2) Mengembangkan dan/atau menghasilkan kebijakan publik;(3) Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi;(4) Melestarikan budaya bangsa;(5) Memberdayakan masyarakat.

Sementara  itu,  riset    di  bawah  naungan  Kemenristek  Dikti  mengacu  pada Agenda Riset Nasional dengan beberapa bidang prioritas:1) Teknologi pangan;2) Teknologi Kesehatan dan Obat;3) Teknologi Energi;4) Teknologi Transportasi;5) Teknologi Pertahanan dan Keamanan dan 7) Teknologi Material. Dari agenda riset nasional  bidang prioritas tersebut, selanjutnya di dituangkan dalam bentuk skema

riset berbasis kebijakan nasional dan berbasis kompetensi. Anggaran dana riset Kemenristek Dikti untuk   Skim riset Kompetitif Nasional sebesar   30%, sementara Skim riset Desentralisasi sebesar 70%.

Semakin bertambah kuantitas dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang memperoleh bantuan dana riset dari RISPRO-LPDP maka semakin memiliki peluang  dengan naiknya nominal dana yang digelontorkan  kepada PTM. Implikasi berikutnya adalah pemeringkatan PTM semakin meningkat.

Untuk itu, Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengambil langkah strategis untuk melaksanakan

kegiatan“Workshop Strategi Meraih Dana Riset Lembaga Pengelola Dana Pendidikan” Departemen Keuangan RI dan Kemenristek Dikti yang akan diikuti oleh periset profesional di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia.  Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran