Menyiapkan Slide

KKU-KKN/PPM Keterkaitan Dunia Akademik-Teoritik dan Dunia Empirik-Praktis. Pebli hardi / 10-May-2017 13:05:41

Kuliah Kerja Usaha-Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKU-KKN/PPM) merupakan salah satu kegiatan dalam Perndidikan Tinggi yang diselenggarakan berdasarkan UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Juncto Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pendewasaan dan pemandirian manusia secara sistematis, agar siap menjalani kehidupan secara bertanggung jawab. Menjalani kehidupan secara bertanggung jawab berarti berani mengambil keputusan yang bijaksana sekaligus berani menanggung segala konsekuensi yang ditimbulkannya.

Kegiatan ini merupakan salah satu wahana bagi mahasiswa dan dosen serta unsur civitas akademika sendiri untuk dapat mempelajari permasalahan yang terjadi di masyarakat. Kegiatan ini merupakan realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk dosen tinggal di desa dalam jangka waktu tertentu dan ikut serta membantu masyarakat desa.

Pembekalan dan pengembangan hal-hal tersebut terangkum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 20 ayat 2 dinyatakan: “Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”. Pada pasal 24 ayat 2 disebutkan: “Perguruan Tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat”

Ketiga aspek dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, harmonis, dan terpadu dengan harapan agar kelak para lulusan Perguruan Tinggi dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, memadai dalam bidang masing-masing, mampu melakukan penelitian, dan bersedia mengabdikan diri demi kemaslahatan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya. Untuk mempraktekan ilmu dan menerapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh civitas akademika, maka perlu suatu media yang mendukung.

Tujuan kegiatan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan memecahkan problem sosial bersama-sama masyarakat dalam rangka meningkatkankesejahteraan sosial, pencerahan, dan pembebasan sesuai dengan visi, misi, dan fungsi perguruan tinggi agama islam

Demi cita-cita yang mulia itu, pendidikan di Perguruan Tinggi dilaksanakan dengan cara membekali dan mengembangkan religuitas, kecakapan, keterampilan, kepekaan dan kecintaan mahasiswa terhadap pemuliaan kehidupan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.

UM Pontianak Kali ini akan melakukan kegiatan KKU-KKN/PPM fokus di Kabaupaten Mempawah, baik untuk Reguler A maupun Reguler B. Karenanya sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut panitia melakukan koordinasi dengan pihak Sekretaris Daerah guna suksesnya KKU-KKN/PPM UM Pontianak. Koordinasi Panitia KKU UM Pontianak diterima oleh Assistem II Bagian Kesejahteraan Rakyat Bapak Ismail. Rencana akan dilaksanakan pada bulan Juli-September 2017.  Namun sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut ada kegiatan pembekalan yang sifatnya wajib diikuti oleh mahasiswa yang mengikutinya, setelah itu pembekalan kepada para Dosen Pembimbing Lapangan. 

KKU-KKN/PPMadalah suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. Oleh karena itu, KKN-PPM diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan member, saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran