Menyiapkan Slide

Diseminasi Hasil Penelitian PAUD / TK Pebli hardi / 10-May-2017 11:05:33

Diseminasi diartikan secara sederhana sebagai “menyebarluaskan”. Penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan oleh seorang guru atau calon guru sangat perlu untuk didiseminasikan. Tujuan utamanya adalah agar penelitian yang telah dilakukan itu dapat diketahui oleh orang banyak. Sasaran diseminasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) umumnya terbatas untuk kalangan pendidik (guru), mahasiswa calon guru dan praktisi pendidikan lainnya. Adanya pengetahuan bahwa telah dilakukan suatu penelitian tindakan kelas untuk mengatasi suatu permasalahan tertentu dalam pembelajaran di kelas, maka orang lain yang mungkin juga mempunyai masalah yang serupa dapat mencoba mengimplementasikan hasil PTK itu lagi di kelasnya. Atau, mungkin juga dilakukan modifikasi, tindak lanjut, adaptasi, dan sebagainya terkait hasil-hasil PTK yang telah didiseminasikan. Lalu, bagaimanakah cara-cara yang dapat di tempuh oleh seorang peneliti setelah selesai menulis laporan dan ingin mendiseminasikannya?

Hal ini dimungkinkan karena TK merupakan lembaga pendidikan dini yang formal dan sudah terstruktur rapi. Pada salah satu aspek studi mengenai pemahaman pendidik PAUD terhadap tingkat pencapaian perkembangan anak, secara umum masih kurang. Demikian juga pada aspek proses perencanaan dan pembelajaran, pendidik PAUD masih kurang memenuhi standar proses PAUD. Berdasar gambaran hasil studi inilah, acara diseminasi ini dirangkai dengan pelatihan PAUD dalam rangka milad satu abad ‘Aisyiyah dan jelang satu Abad PAUD/TK ‘Aisyiyah tahun 2013-2017.

Tujuan kegiatan ini supaya pendidik PAUD lebih memahami aspek perkembangan anak dan dapat memperbaiki proses perencanaan pembelajaran dalam pendidikan PAUD. UM Pontianak mengirimkan Ibu Sudarti yang juga dosen Jurusan Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Acara yang diselenggarakan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah bertempat di Aula Ahmad Dahlan FKIP UHAMKA Jakarta. 

Mengacu pada dua aspek tersebut: masalah perkembangan anak dan dan perencanaan pembelajaran PAUD menjadi hal yang penting. Mengingat perkembangan anak dapat diukur dari 5 aspek yaitu: nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional si anak. Korelasi positif hasil studi terhadap 5 aspek perkembangan anak ini dapat dilihat dengan jelas terjadi pada aspek kognitif, motorik halus, bahasa, dan sosial emosional. Abrori.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran