Jadilah Generasi Wanita Pengharum Bangsa Pebli hardi / 03-May-2017 15:05:58

Setiap tanggal 21 April adalah salah satu hari besar yang diperingati oleh bangsa Indonesia. Hari, orang menyebutnya hari kartini, karena lahirnya sesosok perempuan anggun di bawah keterkungkungan tata karma yang sangat mengikat pada saat itu.  Jepara adalah tempat kelahirannya Kabupaten 2 jam sebelah Timur Kota Semarang ini telah melahirkan sosok penggerak yang luar biasa. Perempuan itu bernama R.A. Kartini, pelopor kebangkitan kaum perempuan. Ia adalah perempuan yang membuat perubahan akan pandangan tentang peran seorang perempuan di dalam kehidupan. Tokoh yang mengangkat emansipasi dan derajat perempuan. Perempuan yang sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan namun tetap berada di bawah adat kesopanan. Sehingga ia adalah salah satu dari sedikit perempuan pada saat itu yang menempuh jenjang pendidikan tinggi di antara perempuan seumurannya. Perannya dalam menciptakan sedikit demi sedikit bait dalam sejarah akan terus dikenang dan menjadi motivasi untuk perempuan Indonesia saat ini.

Dalam memperingati hari Kartini, mahasiswa dan dosen Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Pontianak mengangkat tema   “Jadilah wanita pengharum bangsa”.  Acara dilaksanakan pada tanggal 21-22/4/17 dengan berbagai aneka kegiatan lomba yang mencirikan spirit perempuan. Setidaknya mencerminkan dalam perjuangan RA Kartini.

Para anggota Himpunan Mahasiswa/i PGPAUD semua berpartisipasi dalam kegiatan tersebut di lantai III Aula UM Pontianak. Acara dihadiri Dekan FKIP Bapak Arif Didik Kurniawan cukup meriah, tidak seperti biasanya para mahasiswa berkumpul dengan jas almamater, namun kali ini menggunakan kebaya ala Kartini. Antusiasme tampak jelas diwajah para peserta kegiatan selama dua hari tersebut.

Kepala Program Studi PAUD Sudarti, mengemukakan tujuan diadakan kegiatan ini agar mengenang kembali perjuangan sosok ibunda R.A. Kartini untuk bangsa Indonesia. Terkhususkan pada perempuan - perempuan di negeri tercinta ini. Sekaligus menumbuhkan kembali semangat serta kecintaan dan rasa prihatin terhadap sesama.

Oleh karena itu khususnya para perempuan, janganlah kita sia-sia kan perjuangan ibunda Kartini dengan begitu saja. Sosok seorang perempuan yang memperjuangkan kesetaran dan menaikkan derajat para kaum perempuan. Selayaknya kita bangga bahwa saat ini posisi perempuan sangat dihormati dan dihargai dalam setiap kegiatan bermasyarakat. Yang dengan lemah lembutnya mampu menciptakan generasi-generasi yang diharapkan membawa bangsa ini menjadi lebih baik.

Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, pendidikan adalah unsur kehidupan paling penting yang harus terbangun di atas tiang penyangga yang kokoh di antara unsur-unsur kehidupan yang lain. Dengan demikian, tidaklah berlebihan, jika maju tidaknya sebuah bangsa, akan sangat ditentukan oleh seberapa intens perhatian masyarakat bangsa terhadap kualitas pendidikan khususnya perempuannya. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran