Menyiapkan Slide

Pilmapres: UM Pontianak mewakili kopertis XI ke tingkat Nasional Pebli hardi / 02-May-2017 08:05:11

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) adalah sebuah kegiatan untuk memilih atau mencari dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan sebagai wahana mensinergikan hard skil dan soft skill mahasiswa. Program ini setidaknya dilaksanakan setiap tahunnya oleh kementrian riset teknologi dan pendidikan tinggi direktorat jendral pembelajaran dan kemahasiswaan untuk memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tersebut.

Berbicara sejarah Pilmapres telah dimulai sejak tahun 1986. Pilmapres dalam pelaksanaannya mengalami pasang surut termasuk pergantian nama atau istilah dan akronim. Penggunaan istilah pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dimulai tahun 2004 yang kemudian pada tahun 2017 dimulai dengan akronim Pilmapres. Pilmapres dinilai telah memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi serta karya mahasiswa, termasuk model pembinaan mahasiswa di kalangan perguruan tinggi dan secara langsung atau tidak langsung dapat mengangkat martabat mahasiswa dan perguruan tingginya. Hal ini yang tidak kalah penting, semuanya bersinergi satu dengan yang lainnya.  

Tujuan pendidikan tinggi yang utama adalah mengembangkan potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, berbudaya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Selain untuk menghasilkan lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa.Pilmapres nasional tahun 2017 mengangkat tema “Peningkatan Produktivitas Iptek dan Inovasi untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter Unggul” telah disosialisasikan keperguruan tinggi baik program sarjana ataupun diploma.

Proses program ini sangat panjang dari seleksi tingkat program studi, peserta diwajibkan mengumpulkan berkas seperti formulir pendaftaran, karya tulis ilmiah, ringkasan karya tulis imiah dalam bahasa inggris, dan Kartu Hasil Studi (KHS) untuk mengetahui IPK peserta.

Selain itu, ada kiteria yang harus dilewati pemilihan yang meliputi 4 kategori penilaian, dan 1 kategori pengamatan, yaitu: Indeks Prestasi Kumulatif (20%), Prestasi, Pengakuan, Kemampuan yang Diunggulkan (25%), Karya Tulis Ilmiah (30%), Kemampuan Bahasa Inggris, melalui Presentasi Final (25%). Persiapkan: Hardcopy Karya Tulis Ilmiah (KTI), 3 rangkap, Hardcopy Ringkasan KTI (bukan abstrak) dalam bahasa Inggris, 3 rangkap, Powerpoin Karya Tulis Ilmiah dalam bahasa Inggris. Kriteria Penilaian meliputi: Presentasi dan Diskusi mengenai KTI dalam bahasa Inggris.

Juri pemilihan Pilmapres tingkat prodi merupakan ketua program studi atau individu yang ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor dari masing-masing Prodi serta dosen bahasa inggris. Seleksi yang dilaksanakan dari mulai Bulan Maret 2017 ini menghasilkan beberapa mahasiswa yang berhak mengikuti seleksi tingkat Universitas.

Abdullah Yamani Noor, dengan IPK 3.81 adalah mahasiswa Pendidikan Kimia-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Pontianak. Ia terpilih mewakili kopertis XI yang tentunya akan dikirim ke tingkat Nasional bulan Mei hingga Juli 2017 mendatang karena peringkat 3. Dari berbagai sumber. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran