Menyiapkan Slide

UM Pontianak Menempatkan Mahasiswanya di FKBK Pebli hardi / 25-Apr-2017 09:04:17

Kegiatan Musyawarah Daearah (Musda) adalah lazim dilaksanakan oleh setiap organisasi, sebagai bagian dari perjalanan sebuah organisasi untuk estafe ke generasi berikutnya. Musda 3 Forum Komunikasi BEM Se-Kalimantan Barat (FKBK) kali ini mengakat tema “Reposisi Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Menuju Kalimantan Barat Hebat“ Musda kali dilaksanakan pada tanggal 31 Maret – 02 April 2017 dan dihadiri oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Kalimantan Barat.

Rangkaian kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 31 Maret 2017 dengan melibatkan seluruh peserta Musda FKBK. Kegiatan yang dikemas dengan silaturhami dan ramah tamah ini dihadiri sebanyak 11 Institusi Se-Kalimantan Barat. Kemudian pada tanggal 1 April 2017 dilaksanakan Seminar tentang Narkoba (Napza) di Daerah Perbatasan dengan Pemateri antara lain Rektor Istitute Agama Islam Sambas (IAIS) Bapak (Dr. H Jamiat Akadol, M.Si.,MH) dengan memantik tema (posisi Strategis Daerah Perbatasan), Jajang Kabag Ops Polres Sambas (Masuknya Napza Ke Daerah Perbatasan), Ir. Burhanudin A Rasyid Mantan Bupati Sambas dan Hj. Hairiah., SH.,MH (Wakil Bupati Sambas).

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor IAIS Sambas dengan pesan sambutannya “Mahasiswa tidak hanya pintar di dalam kelas tetapi harus pintar di luar (masyarakat)”, mengingat perguruan tinggi adalah tempat kajian akademik, tetapi harus ada literasinya. Sampaikan sesuatu dengan santun dan benar karena musyawarah adalah jalan terbaik sesuai dengan Pancasila yaitu Sila ke 4, dengan Musyawarah kita boleh berbeda pendapat, boleh berbeda argumen, tetapi jika sudah ada kata sepakat, maka harus disepakati semuannya. Sistem voting di negara kita sebenarnya tidak cocok karena tidak sesuai dengan Pancasila yang penting sesudah musyawarah sudah tidak ada lagi permasalahannya. Musyawarah berarti kita ada pandangan yang sama sesuai dengan tema acara ini.

Senada dengan hal tersebut di atas bahwa musyawarahberasal dari kata Syawara yaitu berasal dari Bahasa Arab yang berarti berunding, urun rembuk atau mengatakan dan mengajukan sesuatu. Jadi musyawarah adalah suatu upaya bersama dengan sikap rendah hatiuntuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian.

Berbicara musayawarah pada Musda kali ini di laksanakan dengan agenda persidangan yang dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 1/4/17. Pada acara tersebut membahas tata tertib Persidangan, tata tertib Pemilihan Sekretaris Jenderal dan stuktur jajaranya, penetapan tuan rumah Musda FKBK, Penetapan Sarasehan Daerah, dan penetapan Sekretasi Jenderal FKBK beserta stuktur jajaranya. Persidangan ini menetapkan Muhammad Yusuf (Institus Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak) Sebagai Sekretaris Jenderal FKBK, dari UM Pontianak menempatkan anggotanya Dessy Triana Putri dan Azzahra Syafiqa sebagai bendahara sertaKoordinator Isu Andhika Diyatmoko.

Acara ini dilanjutkan adalah berkunjung ke tempat–tempat yang terkenal dan bersejarah di Sambas, dari Masjid Jami’ Keraton Sambas, Keraton Sambas, Museum Daerah dan Danau Sebedang. 

Kontributor :  Azzahra S dan Dessy TP  

Editor :  Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran