Menyiapkan Slide

Kemenristekdikti Merindu Mahasiswa Berprestasi Pebli hardi / 21-Apr-2017 10:04:31

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali merindu mahasiswa berprestasi. Kerinduan itu disalurkan lewat ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) yang prosesnya telah dilakukan sejak awal Maret lalu. Adapun, kompetisi yang digelar meliputi bidang kognitif, linguistik, hingga jasmani. Pilmapres merupakan pemilihan mahasiswa berprestasi, awalnya bernama Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) tahun sebelumnya. Pilmapres tahun 2017 dibagi menjadi dua kategori yaitu program sarjana dan program diploma.

Sebagaimana sebelumnya, gelaran pemilihan kali ini pun menerapkan sistem seleksi oleh pihak fakultas kemudian diseleksi kembali di tingkat universitas dan wilayah. Mahasiswa yang terpilih akan mewakili UM Pontianak menuju tingkat nasional. Seleksi dilakukan dengan presentasi karya ilmiah.

Ada enam syarat umum yang mesti dipenuhi peserta. Pertama, merupakan warga negara Indonesia, lalu telah terdaftar di PD-DIKTI dan aktif sebagai mahasiswa program sarjana maksimal semester VI. Kemudian, peserta berusia tidak lebih dari 22, tahun 2017 yang dibuktikan dengan KTP, IPK minimal 3.00.

Syarat berikutnya adalah melampirkan surat pengedaran dari pimpinan perguruan tinggi bagian kemahasiswaan (Wakil rektor/ketua/direktur) yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang pertama hasil seleksi perguruan tinggi yang bersangkutan, apabila pemenang pertama berhalangan digantikan pemenang berikutnya. Selanjutnya belum pernah menjadi finalis tingkat nasional pada tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan syarat khusus ada lima meliputi, rekapitulasi IP per semester, membuat karya tulis yang ditulis dalam bahasa Indonesia baku. Kemudian, melampirkan ringkasan (bukan abstrak) ditulis dalam bahasa Inggris, peserta membuat video yang menunjukan kemampuan Bahasa Inggris secara lisan. Terakhir seluruh prestasi/kemampuan yang diunggulkan peserta, dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti.

Saat ini Pilmapres sedang dalam tahap seleksi tingkat universitas. Berdasarkan informasi dari website Pilmapres, pendaftaran seleksi tingkat nasional akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran