Menyiapkan Slide

Point Lulus Serdos, Hadir Sosialisasi Kopertis Pebli hardi / 20-Apr-2017 09:04:22

Ini sepenggal percakapan WhatsApp yang masuk di grup dosen dan staf UM Pontianak, dari Bapak Ir. Rachimi, M.Si  yang pesannya diteruskan dari Ibu Ida salah satu staff Kopertis XI Wilayah Kalimantan “Tolong beritahu kepada Peserta sertifikasi dosen (Serdos) data D3 gelombang I dari UM Pontianak, atas nama. Eko Sarwono, Dedi Alamsyah, Iskandar Arfan, Anandita Eka Setiadi, Hanum Mukti Rahayu, Tedy Dian Pradana, Abrori, Santy Mayda Batubara, Fuazen diwajibkan untuk mengikuti sosialisasi Serdos sebagai syarat untuk mendapatkan akun Serdos pada hari Senin, taggal 17 April 2017, jam 10.00-12.00 WIB, tempat: IKIP PGRI Pontianak, Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Selanjutnya dataang lagi informasi Tak perlu mengisi formulir kesediaan ibu/Bapak, yang ikut sosialisasi adalah yang tercantum dalam daftar D3 Serdos gelombang pertama

Menjadi dambaan hampir seluruh dosen di Indonesia, mendapatkan predikat Lulus Serdos. Berbagai alasan bermunculan tentang hal kelulusan serdos tersebut atau tujuan dari predikat lulus serdos. Akhirnya mengerucut pada satu jawaban dari hampir seluruh peserta calon serdos adalah karena akan mendapat tambahan penghasilan yang disebut tunjangan kehormatan dan Surat Ijin Mengajar di waktu yang akan datang.

Keterangan Ibu Ida saat Sosialisasi Serdos, kenapa peserta calon serdos tersebuttidak lulusatau belum berhasil lulus atau belum mendapatkan nilai kelulusan adalah beraneka ragam dan beraneka warna.  Pertama salah satunya adalah ketidakhadiran saat sosialisasi, yang diselenggarakan oleh Kopertis Ya itu dia, salah satu point untuk lulus adalah hadir pada saat sosialisasi atau workshop penggunaan laman web serdos.dikti.go.id dan mengisi paraf atau tanda tangan.

Kedua Penulisan deskripsi diri terindikasi plagiarisme,Jawaban yang dibuat sangat normatif, sepertinya tidak mengarah pada apa yang dilakukan oleh dirinya; Bentuk-bentuk aktifitas dan perubahannya tidak aplikatif; Kemampuan komunikasi menulis masih harus diperbaiki dan Kurang mampu menuliskan contoh konkrit dan yang up to date khususnya dalam pengembangan keilmuan dan perannya dalam pengelolaan institusi.

Yang terakhir Kalo yang ini tidak ada keterangan apapun dari penilai, seperti pada pemaparan diatas. Jadi ga tau deh, alasan calon peserta serdos tidak lulus. Tapi ya coba untuk introspeksi saja kalo gitu. Apakah sudah menjalankan tridharma perguruan tinggi apa belum. Untuk lebih mengikhlaskan adalah dengan bersabar, ikut kembali periode berikutnya... memperbaiki untuk yang kurang-kurangnya. Barangkali dari pengajaran, penelitian, atau pengabdian masyarakat ada yang terlewat. Tidak Ikut Tes TKDA dan Tes TOEFL serta Tidak Mengisi daftar riwayat hidup. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran