Menyiapkan Slide

Parenting Proses Interaksi Pembelajaran PAUD Pebli hardi / 17-Apr-2017 16:04:19

Kreatifitas dalam pengajaran sangat perlu, hal ini agar mahasiswa tidak jenuh alias monoton. Salah satunya kegiatan parenting class. Mata kuliah yang diasuh oleh Indah Budiastutik,SKM.,M.Kes. Kali ini dengan mengangkat tema "gizi dan pertumbuhan perkembangan anak" di program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lab Muhammadiyah. Pertemuan yang diadakan setiap 3 bulan sekali. Menariknya kelas parenting ini banyak aspek yang dikaji. Sebelum jauh berbicara masalah tema tersebut di atas, terlebih apa dan bagaimanaparenting.

Parenting secara teoritis adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Pendapat lain mengatakan bahwa parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak-anak yang meliputi aktivitas-aktivitas memberi makan (nourishing), memberi petunjuk (guiding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika mereka tumbuh berkembang. Penggunaan kata “parenting” untuk aktivitas-aktivitas orang tua dan anak di sini karena memang sampai saat ini belum ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang tepat.

Berbicara parenting setidaknya ada beberapa jenis program parenting yang dapat dilaksanakan untuk lembaga-lembaga seperti PAUD antara lainparents Gatering adalah pertemuan orang tua dengan pihak lembaga PAUD yang difasilitasi oleh panitia program parenting guna membicarakan tentang program-program lembaga PAUD dalam hubungannya dengan bimbingan dan pengasuhan anak di keluarga dalam rangka menumbuh-kembangkan anak secara optimal.

Kedua foundation Class adalah pembelajaran bersama anak dengan orangtua di awal masuk sekolah dalam rangka orientasi dan pengenalan kegiatan sekolah. Ketiga seminar adalah kegiatan dalam rangka program parenting, yang dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan seminar. Keempat hari Konsultasi adalah hari dengan kegiatan pertemuan konsultasi untuk orang tua yang dapat disediakan atau di buka oleh lembaga PAUD.

Indah Budiastutik mengatakan “masih banyak orang belum memahami pentingnya pola asuh orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Adapun tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan ibu dalam hal pertumbuhan anak, menigkatkan pengetahuan ibu dalam hal perkembangan anak, meningkatkan pengetahuan orang tua dalam memberikan makanan bergizi bagi anak usia dini, terangnya”.

Sedangkan secara khusus mata kuliah ini mempunyai tujuan pengembangan program parenting adalah: pertama meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik. Kedua mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah guna mensikronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan di lembaga PAUD dapat ditindak lanjuti di lingkungan keluarga.

Ketiga menghubungkan antara program sekolah dengan program rumah. Lembaga PAUD yang memiliki program-program kelembagaan dan pembelajaran kadangkala bertentangan dengan kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di lingkungan keluarga. Menariknya peserta yang mengikuti adalah para ibu dan bapak dari siswa/i PAUD Universitas Muhammadiyah. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran