Menyiapkan Slide

Rahmi H dan Lya Deni P Lolos ON-MIPA Tingkat Nasional Pebli hardi / 12-Apr-2017 10:04:54

Sivitas akademika UM Pontianak kembali berhasil menorehkan prestasi di tingkat Kopertis XI wilayah Kalimantan dan Nasional. Prestasi kali ini datang dari ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Tingkat Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tingkat Nasional untuk bidang Kimia

Delegasi UM Pontianak yang berhasil lolos adalah saudarai Rahmi Husaini yg lulus seleksi ON-MIPA PT tingkat kopertis XI ke tingkat nasional. Lya Deni Prilianti ikut seleksi ON-MIPA PT tingkat nasional lewat jalus OSN Pertamina 2016 juara 3.

Laporan dari Kepala Program Studi Kimia, Kamis (06/04), Dini menjelaskan ada beberapa seleksi yang dilakukan hingga sampai ke tingkat nasional. Pertama, seleksi dilakukan di tingkat universitas pada Maret lalu. Pada seleksi tersebut, terjaring 7 mahasiswa dari 4 bidang kelimuan MIPA yang dilombakan, yakni Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

“Mahasiswa yang lolos itu ikut seleksi lagi di tingkat Kopertis. Dari tingkat Kopertis, diambil 2 orang per bidang ilmu untuk melaju ke tingkat nasional,” kata Dini. Secara teknis seleksi ON MIPA ini menggunakan tes tertulis berupa esay batas waktu yang telah ditentukan. Untuk bidang Kimia sendiri ada 4 bidang yang diujikan, yakni: Kimia Anorganik, Kimia Fisika, Kimia Organik dan Biokimia, dan Kimia Analitik.

Ada tantangan di depan mata yang perlu disipakan oleh mahasiswi maupun dosen pendamping, mengingat kompetesi yang dihadapi makin kompetitip. Selain itu, mahasiswa dari sekarang dipersiapkan untuk memperkaya wawasan pengetahuan, serta perlu menggali dan diskusi dengan senior yang pernah mempunyai pengalaman pernah lolos kpada kegiatan On MIPA. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran