Menyiapkan Slide

Pererat Tali Persaudaraan Dengan RAT Pebli hardi / 05-Apr-2017 16:04:57

Rapat Tahunan Anggota Koperasi Serba usaha Cendekian baru saja dilaksakan di aula lantai III UM Pontianak. Acara yang dihadiri hampir seluruh anggotanya cukup meriah. Acara rapat tahunan kali ini dibuka dengan makan siang bersama. Setelah itu sambutan oleh pengurus koperasi yaitu pak Mustamiri dan pak Syamsudin, mereka melaporkan keuangan secara detail. Ketika berbicara tentang koperasi tidak akan lepas dengan rapat anggota tahunan (RAT). RAT adalah forum tertinggi aktifitas koperasi. RAT memegang peranan penting karena disinilah semua anggota berkumpul untuk mendengarkan keadaan koperasi tersebut sehat atau sebaliknya. Termasuk membicarakan ke depan akan melakukan apa, dari aspek pengembangan investasi, mengakusisi usaha sampai pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi tersebut.

Sampai saat ini koperasi usaha yang paling menonjol adalah simpan pinjam. Ini menjadikan koperasi berjalan dan berkembang. RAT dilakukan 1 tahun sekali tetapi tidak menutup kemungkinan dapat dilakukan sewaktu-waktu jika memang terdapat masalah koperasi yang kewenangannya ada pada rapat anngota. Segala keputusan rapat anggota koperasi dilakukan dengan musyawarah untuk mencapai mufakat dan apabila tidak diperoleh keputusan dengan cara musyawarah, maka pengambilan keputusan dilakukan berdasarkan suara terbanyak atau kita mengenalnya dengan istilah voting.

Pengambilan keputusan berdasarkan mufakat dilakukan setelah para anggota koperasi hadir diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat serta saran yang kemudian dipandang cukup untuk diterima oleh seluruh anggota sebagai sumbangan pendapat dan solusi bagi penyelesaian masalah yang sedang dibicarakan. Ini seperti yang dilakukan oleh KSU saat RAT beberapa saat yang lalu, saat anggota mengusulkan SHU akan diinvestasikan semua untuk pengembangan usaha atau 50% dibagikan kepada anggotanya dan 50% untuk investasi. Hasil musyawarah mufakat opsi yang kedua dilakukan untuk kesejahteraan anggota juga. Selanjutnya pembagian hadian sebagai hiburan, menurunkan ketegangan dan mempererat tali persaudaraan hadiah dari kebutuhan sehari-hari berupa minyak goreng dan gerabahan serta makanan instan. Selamat bermusyawarah. abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran