Peresmian Laboratorium Lapangan FPIK UM Pontianak Pebli hardi / 05-Apr-2017 10:04:19

Jika melihat judul di atas berbicara laboratorium biasanya (penulis singkatdengan lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah lainnya yang dilakukan. Kegiatan penelitian maupun praktikum oleh mahasiswa ataupun dosen dapat dilakukan terpusat di Laboratorium ruang tertutup, baju berwarna putih-putih semua. Tidak hanya itu saja laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan secara terkendali. Berbeda dengan Laboratorium Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan kali ini yang telah diresmikan oleh Rektor UM Pontianak Bapak Helman Fachri, SE.,MM (3/4/17) yaitu Laboratorium Riset, Laboratorium Pengajaran dan laboratorium Lapangan.

Laboratorium Riset digunakan untuk penelitian dosen, dan pengguna lain di luar fakultas, sedangkan Laboratorium Pengajaran digunakan untuk melakukan pelaksanaan praktikum kuliah mahasiswa, sedangkan labaratorium lapangan digunakan untuk proses penelitian, bisnis termasuk di dalamnya adalah penyuluhan.    

Saat membicarakan penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dalam mengakses informasi informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup khususnya masalah budi daya perikanan darat.

Proses perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan. Sumberdaya hayati perairan tidak dibatasi secara tegas dan pada umumnya mencakup ikan, amfibi dan berbagai avertebrata penghuni perairan dan wilayah yang berdekatan, serta lingkungannya.

kegiatan yang termasuk dalam perikanan dimulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan.Proses pembelajaran dalam rangka peningkatan kapasitas kemampuan para pelaku utama dan pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan untuk mengorganisasikan dirinya dalam mengembangkan bisnis perikanan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya dengan tetap memperhatikan pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Acara peresmian dihadiri antara lain stakeholder pemerintah masyarakat sekitar, kegiatan ini tidah hanya aspek keilmuan saja namun bagian dari pengorganisasian. Dalam amanahnya dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mengatakan bahwa peresmian ini merupakan kegiatan melegalkan laboratorium lapangan yang bertujuan untuk pengembangan keilmuan. Karenanya mohon maaf dan kerjasamanya jika ada mahasiswa yang datang bukan pada waktunya malam hari dan mohon tidak dianggap sebagai pendatang liar. Hadir saat peresmian antara lain mahasiswa, Dekan Fakultas Teknik, Infokom, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan beserta jajarannya. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran