Menyiapkan Slide

Workshop Pengelolaan Jurnal berbasis Open Journal System ( OJS ) Pebli hardi / 03-Apr-2017 16:04:19

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bukan hanya ditandai dengan penemuan benda-benda fisik kasat mata yang berfungsi untuk meringankan aktivitas hidup manusia, melainkan perkembangan budaya dan ilmu sebagai buah pemikiran manusia itu sendiri. Adapun karya ilmiah merupakan salah satu wujud khasanah ilmu terukur yang berperan sangat besar dalam mewarnai perkembangan IPTEK, khususnya di Indonesia, dengan publikasi sebagai jalan penuh kebermanfaatan dalam analogi untuk membuka jendela dunia yang baru.

Karenanya penggunaan publikasi berbasis elektronik (e-journal) menjadi kewajiban bagi sebuah perguruan tinggi jika ingin dikenal oleh masyarakat internasional. Adapun salah satu yang dikenal sebagai sistem pengelolaan jurnal berbasis elektronik (e-journal) ialahOpen Journal System(OJS). OJS meliputi seluruh aspek penerbitan jurnalonline, di mulai dari pembuatanwebsite hingga tugas operasional, seperti proses submisi penullis,peer review(pengoreksian), pengeditan, publikasi,archivesdan indeks jurnal. Fungsi OJS itu sendiri adalah membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun sebuah jurnal, termasuk menyimpantrackhasil kerjaeditor, reviewer, dan penulis, memberi tahu pembaca, bantuan menggunakan koresponden, mengurangi biaya penerbitan jurnal, serta menyediakan akses terbuka (open access) bagi pembaca.

Pihak-pihak yang berperan sebagaiuserdalam OJS ialah seluruh tim redaksi jurnal yang bersangkutan. Oleh karena itu, manajemen OJS sudah barang tentu harus dipahami bersama oleh seluruh tim redaksi dalam jurnal TBI. Kegiatan ini diarahkan untuk dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pengelolaan jurnal TBI yang berujung pada harapan peningkatan kualitas karya ilmiah yang dipublikasikan di dalamnya, sehingga dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan yang terus berkembang seiring dengan laju perkembangan manusia Indonesia.

Adapun tujuan kegiatan workshop pertama memberikan pemahaman terkait manajemen pengelolaan jurnal sesuai standar akreditasi nasional; kedua memberikan strategi untuk pengindeksan jurnal di database internasional; ketiga memberikan tutorial internsif mengenai cara penggunaanOpen Journal System(OJS) sebagai platform manajemene-journal; sedangkan metode kegiatan dalam workshoppengelolaan Jurnal dan Pelatihan Penggunaan OJS dilakukan dengan metode sebagai berikut: Ceramah-Metode ini digunakan untuk memberikan pemahaman lengkap kepada para peserta workshop terkait manajemen pengelolaan jurnal sesuai standar akreditasi nasional. Dalam ceramah, diuraikan kerangka materi secara lengkap, jelas, mudah dipahami, dan aplikatif. Metode ceramah ini diarahkan untuk menghindari pembahasan teoritis yang berlarut-larut dan lebih menekankan pada contoh-contoh kasus beserta pemecahannya.

Diskusi dilakukan untuk membahas berbagai hambatan dan strategi manajemen pengelolaan jurnal sesuai standar akreditasi nasional dan internasionalisasi jurnal yang meliputi pengindeksan, abstraksi, dan sitasi di database internasional. Diskusi dipilih agar dapat lebih memberikan kesempatan kepada para peserta workshop untuk membahas, mempertanyakan, menggarisbawahi, memberikan masukan, dan juga memperdalam materi yang diceramahkan.

Training;  metode ini digunakan untuk memberikan pelatihan penggunaanOpen Journal System(OJS) kepada seluruh peserta yang terdiri dari dewan editor dan pengelola jurnal, sehingga dapat menggunakan pengelolaan jurnalonlinetersebut secara optimal.

Narasumber Workshop dengan tema “Pengenalan dan tata kelola jurnal Using OJS yang disampaikan oleh Andri Putra Kesmawan (koordinator Relawan Jurnal Indonesia); “Database Jurnal Internasional Referensi dan Penerbitan yang disampaikan oleh Dwi Janto Suandaru; selanjutnya kegiatandilanjutkan“Wakshop yang dipandu oleh Setia. UM Pontianak telah mengirimkan beberpa pengelola jurnanya antara lain, Yudi dan Abror dari infokom, Risma Pengelola Jurnal dari Kimia, Fenny Pengelola jurnal dari Ekonomi, Pasha dari pengelola jurnal Biologi, Alda dan Putri Pengelola Jurnal dari fakultas Teknik dan Tio dari pengelola Jurnal Fakultas Perikanan. Abr

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran