Menyiapkan Slide

TB Bukanlah Penyakit Memalukan dan Menakutkan Pebli hardi / 31-Mar-2017 10:03:30

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Yang menemukan adanya Mycobacterium Tuberculosis adalah Robert Heinrich Herman Koch dari Jerman pada tanggal 24 Maret 1882. Atas jasa Robert Koch itulah maka tanggal 24 Maret dijadikan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS).
Saat ini Indonesia menghindari gambaran masa depan TB yang tidak diharapkan karena Indonesia menempati 10 besar penderita TB. Pemerintah sendiri menargetkan penanggulangan TB untuk penemuan dan pengobatan kasus TB sensitif. Angka keberhasilan pengobatan TB sensitif di Indonesia mencapai 90%, sisanya 10% adalah pasien yang tidak menyelesaikan pengobatan. Beberapa penyebab pasien TB tidak menyelesaikan pengobatan adalah pasien TB meninggal, pindah tempat tinggal, dan pasien menjadi pasien TB Putus Obat jika menghentikan pengobatan atas keinginan sendiri yang bisa mengakibatkan resistensi obat.
Dalam rangka peringatan hari Tuberkulosis se-dunia, Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak dan bekerjasama dengan SSR Community TB Care Aisyiyah mengadakan seminar. Acara dilaksanakan di Kabupaten Mempawah, pada kesempatan tersebut dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati, Kepala Dinas Mempawah, Ketua PDA Mempawah dan mahasiswa PKM Kesehatan Masyarakat Fikes-UM Pontianak.
Tujuan seminar ini adalah untuk menemukan, mengobati pasien TB dengan cara menyebar-luaskan informasi yang benar, ini seperti diungkapakan Koordinator Pelaksana Program TB Care Aisyiyah Marlenywati, beliau mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka puncak peringatan Hari TB se-dunia 2017, yaitu dengan menggelar beberapa kegiatan, ada talkshow di radio, kompas tv, jalan sehat, gerakan ketok 1000 pintu dan seminar.
Dilanjutkannya, pihaknya berharap agar masyarakat yang terkena gejala TB agar dapat segera diobati, sebab penyakit TB dapat disembuhkan. “Harapannya sesuai dengan apa yang menjadi semboyannya, yaitu Temukan, Obati Sampai Sembuh (TOSS) TB. Ditegaskan juga bahwa penyakit TB bukanlah penyakit yang memalukan dan menakutkan, seperti yang menjadi stigma atau anggapan masyarakat bahwa TB adalah penyakitnya orang miskin, penyakit keturunan dan penyakit kutukan,” jelasnya.Abr

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran