Menyiapkan Slide

FPIK-UM PONTIANAK DAN BBI KELANSIN SEPAKAT KERJASAMA Pebli hardi / 30-Mar-2017 09:03:09

UM Pontianak - Balai Benih Ikan  (BBI) Kelansin merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Perikanan  Kabupaten Kapuas Hulu yang memiliki fungsi utama untuk melakukan pengkajian, pengawasan, pengujian, standarisasi pembenihan dan pembudidayaan ikan air tawar. Secara administrasi BBI Kelansin terletak di Desa Tekalong, Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu. Jarak dari Pontianak kurang lebih 581 km atau sekitar 12 jam perjalanan darat.

BBI Kelansin saat ini sedang mengembangkan budidaya ikan lokal Kalimantan Barat, di antaranya ikan botia/ulang uli, arwana, jelawat, belidak, ringau, semah dan biawan. Kesuksesan BBI Kelansin adalah telah berhasil membenihkan ikan arwana super red. Saat ini, BBI kelansin sedang berusaha untuk mengembangkan teknologi pembenihan ikan ringau (tiger fish) pada sistem terkontrol. BBI Kelansin adalah satu-satunya yang pertama kali di dunia. Sejarah perkembangannya, BBI Kelansin telah membuktikan diri sebagai Lembaga yang menjadi tulang punggung keberlangsungan dan pengembangan teknologi budidaya air tawar khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.

Oleh karena itu, Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Universitas Muhammadiyah Pontianak (UM Pontianak) turut merasa bangga. Setidaknya 5 alumni Program Studi Budidaya Perairan, UM Pontianak yang mengabdi di BBI Kelansin. Beberapa waktu yang lalu, Eko Prasetio, S.Pi., MP (Tio) Kaprodi Budidaya Perairan UM Pontianak, melakukan kunjungan ke BBI Kelansin sekaligus Monitor dan Evaluasi (monev) bagi Mahasiswa Praktek Kerja Lapang (PKL). Pada kesempatan tersebut, Tio bertemu langsung dengan Kepala BBI Kelansin, Abang Zulkifli, S.Pi., M.Si.

Selaku Kepala BBI Kelansin Abang Zulkifli, S.Pi., M.Si tidaklah asing karena cukup lama bekerja sama dengan UM Pontianak baik dengan mahasiswa maupun dosen untuk melakukan magang, PKL mahasiswa dan penelitian. Hal ini sesuai dengan Visi Prodi Budidaya Perairan yaitu untuk mengembangkan Teknologi Budiaya Ikan-Ikan lokal. Kami berharap kedepannya hubungan antara UM Pontianak dan BBI Kelansin dapat terjalin lebih terorganisir terutama mengenai singkronisasi program pengembangan teknologi Budiaya Ikan lokal air tawar Kalimantan Barat” Ungkap Tio. Sebaliknya pun demikian BBI merasa telah dipercaya oleh UM Pontianak untuk menjalin kerjasama ke berbagai macam stakeholders, termasuk dari pihak akademisis untuk turut mengembangkan budidaya ikan air tawar Kalimantan Barat” terang Abang Zulkifli. Kontributor Zaeoue diedit oleh Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran