Menyiapkan Slide

Tracer Study: Benchmarking Kompetensi Lulusan UM Pontianak di Dunia Kerja Pebli hardi / 29-Mar-2017 13:03:36

Kualitas dan daya saing alumni dan lulusan serta relevansi pendidikan di Perguruan Tinggi telah menjadi tuntutan pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam memberikan kontribusi nyata di dunia kerja dan meningkatkan daya saing bangsa. Peningkatan kualitas dan meningkatkan kemampuan, ketrampilan hidup (life skill),kemampuan beradaptasi dan belajar sepanjang hayat (long life education) seperti halnya: kemampuan berkomunikasi, bergaul dan berinteraksi dalam masyarakat ilmiah serta profesi; kemampuan untuk bekerja dalam kelompok; kemampuan untuk menggunakan khasanah pengetahuan; memiliki integritas, moral dan etika profesi sesuai dengan prodi masing-masing.

Peningkatkan relevansi pendidikan menuju kualitas dan daya saing lulusan sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. UM Pontianak telah membentuk Pusat informasi Karir. Pusat karir merupakan satuan kerja yang mengemban tugas menyelenggarakan survey alumni, mengembangkan jaringan informasi lowongan kerja dan kedepan berencana akan menyelenggarakan Bursa Kerja Industri.

Pada kegiatan tersebut peserta yang diundang adalah seluruh Perguruan Tinggi (baik negeri maupun swasta) se-kalimantan sejumlah 38 peserta. Peserta adalah penggiat, pelaksana  dan ketua Pusat Karir di Perguruan Tinggi. Peserta sebagian besar berasal dari Kalimantan Barat dan Kalimantan Seletan (Banjarmasin).                       

Tujuan kegiatannya adalah mensosialisasikan Hibah/Bantuan untuk kegiatan Pusat Karir dan Tracer Study dari Kemenristekdikti tahun 2017. Peserta diharapkan dapat membuat proposal Hibah Pusat Karir dan atau Pusat Karir Lanjutan (tracer study) untuk pendanaan tahun 2017. Tidak hanya itu saja esensi tujuan ini adalah Pertama pemberian fasilitas bagi mahasiswa dan lulusan untuk menempuh program Sertifikasi profesi. Program Pelatihan berbasis aspek pembuatan lamaran pekerjaan. Kedua menyelenggarakan program bursa kerja untuk mempertemukan lulusan dengan Penyedia kerja ketiga melaksanakanTracer Studyguna mendukung: Forum komunikasi bagi alumni UM Pontianak. Monitoring danbenchmarkingkompetensi lulusan UM Pontianak di dunia kerja.

UM Pontianak, pada tahun 2016 pernah mendapatkan hibah Pusat Karir Lanjutan (Tracer Study). Tahun ini akan mencoba untuk mengajukan lagi, baik yang proposal pusat karir maupun Proposal Pusat Karir Lanjutan. UM Pontianak, pada tahun 2016 pernah mendapatkan hibah Pusat Karir Lanjutan (Tracer Study). Tahun ini akan mencoba untuk mengajukan lagi, baik yang proposal pusat karir maupun Proposal Pusat Karir Lanjutan. Ibu Ied memaparkan tentang proposal Pusat Karir dan kiat-kiat mengajukannya. Sedangkan pak Ruddy memaparkan tentang Proposal Pusat Karir Lanjutan (Tracer Study). Adapun pak Elvi, memaparkan contoh teknis proposal dan kegiatan tracer study.

Rektor UM pontianak, sebagai tuan rumah penyelenggara sosialisasi ini berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah dan kualitas proposal yang diajukan lebih sehingga mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi dari luar Kalimantan.  Masih menurut beliau, Kegiatan Pusat Karir merupakan langkah strategis untuk mengetahui kualitas lulusan sebuah PT. Sehingga dapat dijadikan dasar evaluasi perbaikan penyelenggaraan sebuah PT. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran