Menyiapkan Slide

Pengajian Jumat dengan PP Muhammadiyah Pebli hardi / 29-Mar-2017 10:03:05

Pengajian umum kali ini cukup istimewa karena UM Pontianak kedatangan Fahmi Salim Zubair MA, seorang sarjana Alquran lulusan Universitas al-Azhar Kairo, tercatat dari beberapa informasi beliau menorehkan prestasi penting dalam proses studi Alqurannya. Ia lulus sebagai master dalam bidang tafsir di Universitas al-Azhar Kairo dengan predikat Summa Cum Laude (Penghargaan Tingkat Pertama), setelah berhasil mempertahankan Tesis-nya yang berjudul Khithabat Dawa Falsafat Al-Tawil Al-Hermenuthiqi Ll Al-Quran Ardl Wa Naqd (Studi analitis-kritis diskursus filsafat Hermeneutika Alquran).

Tesisnya beliau sekarang sudah terbit menjadi sebuah buku berjudul Kritik terhadap Studi Alquran kaum Liberal (2010). Buku ini membedah model pemahaman teks ala Barat yang menjadi “alat buldoser” paling efektif dalam upaya sekularisasi dan liberalisasi masyarakat Muslim. Di tangan para pemasok dan pengecer paham sekularisme dan liberalisme, penggunaan metode hermeneutika dalam menafsirkan Alquran digunakan untuk menggusur ajaran-ajaran Islam yang baku dan permanen {tsawabit). agar compatible dengan pandangan alam (worldview) dan nilai-nilai modernitas Barat sekuler yang ingin dise-maikan ke tengah-tengah umat Islam.

Termasuk saat menyampaiakan di depan civitas akademika UM Pontianak (24/3/17) juga menyinggung apa yang ia pernah ditulisnya dalam tesis tersebut. Pengajian yang dimulai pukul 08.30 sampai selesai, kemudian dilanjutkan diskusi tanya jawab dan Tabligh Akbar di Masjid Raya Mujahidin Pontianak-Kalimantan Barat. Dalam ceramahnya Semangat membela agama mulai meningkat di hati kaum Muslim Indonesia, hal ini bisa diindera oleh mata dan dirasakan oleh siapa saja yang hatinya memiliki nyala iman di dada. Hal yang sulit dibayangkan bagi siapapun yang merindukan persatuan karena harus diakui selama ini umat seolah tercerai berai, bergesek dan beradu. Kita hanya bisa berharap semoga ghiroh ini selalu Allah jaga dan semoga kita menjadi bagian dari rajutan tenun kebangkitan  umat sebagai sebuah kebangkitan yang dirindukan.

Kesehariannya beliau diamanahi oleh umat sebagai wakil Ketua Majelis Tabliq Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Sekretaris Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran