Menyiapkan Slide

Mahasiwa FAI menang di Big Event of Ibnu Sina Pebli hardi / 23-Mar-2017 16:03:25

Lomba Karya Tulis ini dilaksanakan dalam rangkaian acara Big Event of Ibnu Sina yang diadakan oleh FKMI Ibnu Sina Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Lomba ini bertemakan “Membangun Karakter Muslim Qur’ani Akan Pentingnya Kesehatan” bagi pelajar SMP sederajat dan SMA sederajat se-Kalimantan Barat serta “ Al-Qur’an Sebagai Pedoman dalam Membentuk Pemuda Muslim Yang Berkepribadian Hidup Sehat” bagi mahasiswa se- Indonesia.

Lomba ini bertujuan sebagai media peyaluran inovasi dan kreativitas pelajar  tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kalimantan barat serta mahasiswa di Indonesia dalam hal karya tulis yang Islami. Miswan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam UM Pontianak berhasil meraih juara satu lomba karya tulis ilmiah dengan mengangkat tema “Gerakan Hidup Sehat yang Islami” dalam nukilanya Miswan menulis dari Perkembangan ilmu kesehatan modern telah membuktikan kebenaran konsep kesehatan menurut al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW.

Tidak heran ilmu kesehatan modern menjadikan ayat al-Qur’an sebagai sumber teori. Oleh karena itu, Islam menganjurkan kepada pemeluknya untuk mempelajari dan mengamalkan  al-Qur’an, agar menjaga pola hidup sehat. Tidak sedikit masalah kesehatan yang menimpa umat Islam saat ini, seperti masalah obesitas, penyakit jantung kronis, HIV dan AIDS.

Islam sebenarnya sudah sejak lama memerintahkan kepada pemeluknya agar mempelajari al-Qur’an, karena di dalam al-Qur’an banyak sekali membahas masalah kesehatan. Demikian juga Islam menganjurkan umatnya untuk menjadikan al-Qur’an sebagai penyembuh jika mereka sakit.

Islam sangat menganjurkan pemeluknya untuk berobat jika sakit. Islam juga melarang pemeluknya untuk melakukan kebiasan yang dapat merusak kesehatan seperti makan dan minum sambil berdiri, larangan untuk makan berlebihan, larangan dari terlalu sering marah.

Kemudian untuk hidup sehat Islam mengajarkan pemeluknya untuk membiasakan memakan buah-buahan, mengkonsumsi ikan, dan madu. Apa yang dipaparkan di atas merupakan bukti akan kebenaran dan kemu’jizatan al-Qur’an. Oleh karena itu, diharapkan umat Islam dapat memahami dan mentadaburi al-Qur’an. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran