Menyiapkan Slide

UM Pontianak Sosialisasi Peraturan Kemenristekdikti Nomor 61 Tahun 2016 Pebli hardi / 21-Mar-2017 13:03:39

Guna meningkatkan pelayanan yang optimal dan mudah diakses oleh semua Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengeluarkan peraturan. Peraturan tersebut sangat mendukung peyelenggarakan, pengembangan dan mengelola sistem informasi pendidikan tinggi nasional yang memuat basis data teknologi informasi dan komunikasi berupa pangkalan data pendidikan tinggi.

Pangkalan data pendidikan tinggi yang selanjutnya disebut PPDikti adalah sistem yang menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional termasuk di dalamnya UM Pontianak.

Berbicara data pendidikan adalah kumpulan fakta mengenai penyelenggaraan pendidikan tinggi yang dimanfaatkan untuk pembangunan pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Data pendidikan tinggi adalah kumpulan fakta dari Nomor Induk mahasiswa, Nilai mahasiswa, status mahasiswa apakah aktif atau sebaliknya, nomor Ijazah, Nomor Induk Dosen Nasional, riwayat dosen mengajar, status keaktifan dosen. Semuanya akan terlihat dengan jelas dalam pangkalan data.

Adapun dasar dari peraturan tersebut adalah pasal 56 ayat 3 Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi dan pasal 6 Peraturan Pemerintah No 4 tahun tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi.

Sosialisasi Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi di lingkungan UM Pontianak dibuka oleh pembantu Rektor I yaitu Bapak Ir Rachimi, M.Si dan penjelasan secara teknis implementasi peraturan disampaiakn oleh Kepala Pusat Penjamin Mutu Bapak Heriansyah, SH.,S.Hi., M.Pd. acara dihadiri antara; para Dekan masing-masing fakultas, kepala, BAAK  dan ICT, ketua program studi, dan operator di lingkungan UM Pontianak.

Acara yang telah diselenggarakan pada Jum’at 17 Maret 2017 di Ruang Aula lantai III mempunyai tujuan pertama meningkatkan efisiensi, efektifitas dan sinergi kegiatan pengumpulan data yang terintegrasi dalam satu pangkalan data. Kedua menyediakan data, informasi penerapan dan luaran sistem terintegrasi dengan penjaminan mutu internal yang dilakukan oleh perguruan tinggi khususnya UM Pontianak; ketiga menyediakan data informasi, penerapan dan luaran sistem penjamin mutu ekternal atau akreditasi program studi dan perguruan tinggi yang dilakukan oleh badan akreditasi nasional perguruan tinggi dan atau lembaga akreditasi mandiri. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran