Menyiapkan Slide

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Peduli Lingkungan Pantai Pebli hardi / 21-Mar-2017 09:03:27

Ancaman garis pantai paling nyata adalah abrasi. berbicara abrasi tidaklah bermakna jika sebelumnya mengulas terkait apa abrasi. Abrasi adalah proses pengkikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasa orang menyebutnya erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipicu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai. Rusaknya pantai akan berdampak besar bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir dan ekosistem makhluk hidup terganggu. Hal ini dikarenakan tiupan angin yang kencang mengarah kedaratan, akibat arus laut atau gelombang laut sedikit demi sedikit mengikis pantai. Walaupun abrasi bisa disebabkanoleh gejala alami, namun manusia sering disebut sebagai penyebab utama abrasi.  Salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi adalah dengan gerakan menanam kembali hutan mangrove. Ini sebagai upaya pencegahan pengikisan bibir pantai. Penghijauan yang dilakukan tersebut diharapkan dapat menahan abrasi pantai.

Komunitas peduli menanam mangrove di Kabupaten Mempawah adalah Mempawah Mangrove Conservation (MMC) yang diketuai oleh R. Fajar Azansyah. Ia menuturkan perjuangannya selama ini bersama pihak yang memberikan support, setidaknya telah  menuai hasil. Misalnya dikawasan Kp. Pasir,dan Benteng di kecamatan MempawahHilir sudah terbentuk daratan kembali yang sebelunya cukup memprihatinkan, ujarnya.

Mahasiswa dan dosen Program studi Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UM Pontianak melalui praktikum mata kuliah ekologi perairan dan avertebrata air melakukan filed trip atau kunjungan lapangan sekaligus sebagai sarana edukasi bagi tentang pentingnya menyelamatkan daerah pesisir pantai dengan melakukan penanaman mangrove. Tujuannya adalah untuk mengubah pola pikir mahasiswa terhadap lingkungani dengan dibekali kegiatan penanaman mangrove. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan tentang pembibitan mangrove jenis akar jangkar (Rhizopora). Mangrove jenis ini banyak ditanam dikawasan yang dikelola oleh MMC, karena fungsinya untuk menanggulangi bahaya abrasi di pantai khususnya Mempawah sebagai basik perjuangan peduli lingkungan.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran