Menyiapkan Slide

Dosen UM Pontianak dipercaya research WWF-Indonesia dan CLAN Bogor Pebli hardi / 20-Mar-2017 14:03:44

Pembanguna berkelanjutan adalah pembangunan yang berusaha memenuhi kebutuhan hari ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhinya. Lanskap kubu adalah salah satu wilayah prioritas World Wide Fund for Nature (WWF). WWF  adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan.

WWF Indonesia merupakan salah satu organisasi konservasi independen terbesar di Indonesia yang telah memulai kegiatannya sejak tahun 1962. Pada tahun 1998, WWF Indonesia resmi menjadi lembaga nasional berbadan hukum Yayasan. Saat ini, WWF Indonesia bekerja di 28 kantor wilayah di 17 provinsi di Indonesia, menjalin kerjasama dan bermitra dengan masyarakat, LSM, media, dunia usaha, universitas, serta pemerintah baik di daerah maupun pusat.

WWF Indonesia di Kalimantan Barat, merupakan wilayah yang memiliki nilai keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Ini dibuktikan menurut Survey WWF Indonesia tahun 2011 di wilayah tersebut telah berhasil mengidentifikasi dan pemetaan sebaran spesies penting 22% wilayah lansekap yang telah dipetakan oleh WWF Indonesia dari total 700 Ribu Ha, telah dibebani ijin kehutanan, selebihnya hutan lindung, perkebunan skala besar dan lahan kelola masyarakat.    

Dua orang Dosen UM Pontianak yaitu Adapun Eka Indah raharjo, S.Pi.,Msi dan Edy Suryadi, SE.,MM dan seorang guru Sekolah Menengah Umum Muhammadiyah 1 Pontianak dipercayakan untuk melakukan research Oleh WWF-Indonesia dan CLAN Bogor tentang "SDABM lansekap Kubu Kalimantan  Barat" sebagai pilot Project  tahun 2017 ini.

Tujuannya adalah mendukung pelaksanaan kajian strategis pengelolaan sumber daya alam berbasis mangrove di lansekap kubu, dari sisi keahlian dibidang perairan dan perikanan. Mengingat saat ini fokus kerja WWF adalah tempat-tempat penting yang menjadi pusat keanekaragaman hayati tertinggi dunia. WWF selalu bekerjasama masyarakat lokal dan mereka yang memiliki hak ulayat untuk melindungi habitat dan spesies kunci dan mengembangkan struktur tata kelola yang efektif dan berkeadilan–baik melalui manajemen kolaboratif atau berbasiskan masyarakat pada kawasan yang dilindungi. Abr

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran