Menyiapkan Slide

PKL: Promosi Prodi Di Tengah Dunia Kerja Pebli hardi / 17-Mar-2017 09:03:57

Praktek Kerja lapangan (PKL) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman nyata belajar langsung kepada mahasiswa untuk berpartisipasi dengan petugas lapangan pada suatu lembaga baik pemerintah maupun swasta sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. PKL memberikan kesempatan kepada mahasiwa untuk mengabdikan ilmu-ilmu yang telah didapat saat proses kuliah. PKL merupakan wujud relevansi antara teori yang telah di dapat selama proses perkuliahan dengan kenyataan di lapangan. PKL dipandang perlu mengingat saat ini pertumbuhan dan perkembangan suatu keilmuan sangat cepat untuk berubahnya. Setidaknya dengan melakukan praktek PKL kemampuan untuk memahami, mengamati, mengkaji serta menilai relevansi teori dengan kenyataan di lapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan soft skill seorang mahasiswa bidang keahliannya.

 Setidaknya hal itu yang dilakukan oleh Program studi Budi Daya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UM Pontianak. Untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap bekerja diterima oleh pasar, tenaga kerja yang kompetitif prodi  menyiapkan mahasiswanya dengan program PKL di Yogyakarta. Ini dilakukan agar mahasiwa terbiasa dengan era kompetitif pada masa yang akan datang. Pada sela melakukan monitoring mahasiswa yang sedang melaksanakan PKL, dekan FPIK Ir. Hastiadi Hasan, M.MA melakukan penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) dengan pimpinan Balai Benih Ikan Sempu Yogyakarta.  

Tujuan PKL dan sekaligus MoU. Pertama menyiapkan mahasiswa mendapatkan ketrampilan untuk melaksanakan program kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintah. Melalui PKL mahasiswa setidaknya mendapatkan bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja. Selain itu, mahasiwa akan menumbuhkan rasa tanggungjawab profesi di dalam dirinya melalui PKL. Kedua lembaga dapat menjalin kerjasama dengan dunia usaha, Badan usaha Milik Negara (BUMN) badan Usaha Milik daerah (BUMD), perusahaan swasta, dan instansi pemerintah. PKL setidaknya dapat mempromosikan keberadaan program studi  di tengah-tengah dunia kerja. Ketiga institusi dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademik dari PKL tersebut. Dunia kerja tersebut akan memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan disiplin ilmunya. Kemudian laporan PKL dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber informasi mengenai situasi umum institusi tempat praktek tersebut.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran