Menyiapkan Slide

Perpus UM Pontianak Koordinator Wilayah Kalimantan Pebli hardi / 15-Mar-2017 13:03:49

Pertemuan Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Perguruan Tinggi Aisyiyah baru-baru ini telah dilaksanakan. Pertemuan yang sekaligus Seminar Nasional Perpustalaan dan Musyawarah Nasional FPPTM di UM Surakarta. Perpus UM Pontianak jadi Koordinator Wilayah Kalimantan satu.

Berbicara perguruan tinggi perpustakaan adalah jatungnya, perguruan tinggi berkreasi meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana perpustakaannya guna me­­­narik minat mahasiswa dan civitas akademika untuk membaca, karena dengan membaca gerbang kemajuan sebuah bangsa. Selain itu, dengan pertemuan ini bisa menjadi kesempatan untuk bertukar pikiran demi perpustakaan yang berkemajuan.

Tujuan pertemuan tersebut antara lain; untuk mempererat jaringan pengelola antarpustakawan perguruan tinggi di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah; untuk meningkatkan kerjasama dan peningkatan wawasan petugas perpustakaan.

Pada pertemuan yang dihadiri beberapa PTM dibicarakan juga bagaimana gambaran pada setiap perpustakaan dilingkungannya masing-masing baik kelebihan dan kekurangannya. Berbicara masalah perpustakaan sudah menjadi kenyataan di banyak perpustakaan di Indonesia umumnya, dan perpustakaan perguruan Tinggi pada khususnya, belum adanya sinergi yang kuat antara perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia.

Perpustakaan dalam arti tradisional, adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penyimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, Compact Disc (CD), tape video dan Digital Versatile Disc (DVD). Selain itu, perpustakaan juga menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data Compact Disc-Read Only Memory(CD-ROM) dan internet.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia. Oleh karena itu, perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut ataupun tidak. Perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran