Menyiapkan Slide

Silaturahmi Alumni Fakultas Perikanan Membangun Opini Publik Almamaternya Pebli hardi / 14-Mar-2017 09:03:40

Tidak ada yang menyangkal pentingnya alumni pada program studi (Prodi) pada sebuah Perguruan Tinggi (PT), namuntidak semua Prodi menyadari dan kemudian melakukan upaya tertentu yangmengarah kepada pemanfaatan alumni bagi pengembangan Prodi khususnya. Hal tersebut, dapat dibuktikan dengan kurangnya perhatian terhadap persoalan alumni.Alumni akan menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untukmemberikan kepercayaan kepada Prodi tersebut, terutama dalam hal pilihan perkuliahanmereka. Dengan sendirinya Prodi tersebut akantersosialisasikan kepada masyarakat, tanpa harus dilakukan dorongan yang masif sekalipun.Tentu akan lain halnya dengan Prodi yang alumninya belum banyak berkiprah atau kecewa pada saat proses perkuliahan, akan sebaliknya mempromosikan Prodi dengan berbagai cara untuk menarik simpati masyarakat dan memberikan kepercayaan kepada mereka.

Melihat potensi yang cukup besar tersebut Prodi budi daya perairan fakultas perikanan dan ilmu kelautan menangkap potensi tersebut dengan mengadakan silaturahmi dengan almuni. Adapun tujuannya adalah meningkatkan kerjasama, membangun komitmen sinergi dengan almamater tegas dekan Ir. Hastiadi Hasan, M.MA  

Buat apa itu semua dilakukan oleh prodi dan fakultas? Tentu untuk “Membangun Sinergi” terang dekan FPIK. Itulah kata kuncinya. Prodi dan alumninya harus bersinergi. Alumni yang sukses tidak bisa dipisahkan dari Prodi tempatnya menimba ilmu. Besar atau kecil sumbangsih Prodi telah menjadi bagian dari suksesnya seorang alumni. Sebaliknya, Prodi yang mampu memfasilitasi dan menghargai alumninya maka dengan sendirinya akan dipromosikan sebagai “tempat belajar” yang direkomendasi dan berkualitas.

Setidaknya ada alasan yang mendasari pentingnya Alumni bagi suatu Prodi: Alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan Prodi; Alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi “nama baik” (citra) Prodi; Alumni sebagai produk Prodi dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan Perguruan Tinggi/Mahasiswa dengan institusi di luar Perguruan Tinggi; Alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja dan usaha bagi lulusan baru suatu Prodi Perguruan Tinggi, di samping menjadi inspirasi bagi Mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi sekarang.  

Alumni mungkin hanya salah satu elemen dari sekian banyak faktor-faktor penting yang berperan dalam meningkatkan kualitas dan kinerja suatu insitusi pendidikan. Namun, melihat potensi strategis dan luar biasa yang bisa digali dari keberadaan alumni, sudah saatnya pihak kampus mulai merangkul kembali alumninya menyiapkan para mahasiswa dengan persiapan yang matang untuk dapat menjadi alumni yang memiliki dedikasi dan semangat yang tinggi untuk membesarkan almamaternya.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran