Menyiapkan Slide

Prodi Pendidikan Kimia meloloskan PKM ke Kemenristekdikti Pebli hardi / 13-Mar-2017 09:03:58

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional. Penyusunan proposal PKM cenderung menjadi aktivitas mahasiswa di awal tahun ajaran karena tenggat waktu pengumpulan proposal ke Kemenristekdikti biasanya ditetapkan pada semester ganjil. Program studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan UM Pontianak merupakan program studi yang telah berhasil meloloskan Empat Proposal PKM dan telah didanai Kemenristekdikti Tahun 2017.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti kembali memberikan kepercayaan kepada 6 mahasiswa UM Pontianak untuk melakukan PKM 5 bidang sesuai surat tugas yang dikeluarkan tertanggal 9 maret 2017 No: 547/B3.1/KM/2017 pada 4 mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia atas nama Widya Ayu Setiangsih, Is’tianah, Lya Deni Prilianti, dan Ucu Liani; 1 mahasiswa dari Prodi PG-PAUD Indah Sari, dan 1 mahasiswa dari Prodi Budidaya Perairan Arini Rasti Puji.

Empat proposal PKM yang didanai tersebut terdiri dari 3 PKM-Penelitian Eksakta (PKM-PE) dan 1 PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M). PKM-PE yang akan dilakukan oleh Widya Ayu Setiangsih berjudul “Analisis Kadar Flavonoid Dan Aktivitas Antiseptik Kemunting (Melastoma Candidum) Terhadap Vaginosis Penyebab Flour Albus”. Mahasiswa semester 6 dan alumni SMA N I Sintang ini juga akan membuat tisu dari flavonoid yang berhasil diisolasi sehingga dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh masyarakat.

Jika tahun 2015 Is’tianah melakukan PKM-PE berjudul “Aktivitasi Ekstrak Etanol Daun Buas-Buas (Premna Serratifolia) Terhadap Bakteri (Staphylococcus Epidermis) Penyebab Bau Badan”, maka tahun ini mahasiwa yang telah menyelesaikan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) di SMA N 1 Ambawang ini akan melakukan penelitian “Potensi Agen Antihiperglikemik Senyawa Flavonoid Kesum (Polygonum Minus ) Sebagai Inhibitor Alpha-Glukosidase”. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam penemuan obat tradisional bagi penderita diabetes.

Ucu Liani akan melakukan PKM-PE dengan judul “Uji Aktifitas Ekstrak Daun Kirinyuh (Chromolaena Odorata) Sebagai Pestisida Walang Sangit Pada Tanaman Padi”. Mahasiswa semester 8 ini berharap ekstrak Daun Kirinyuh dapat mebantu petani meningkatkan kuantitas dan kualitas padi.

Satu PKM-M yang didanai oleh Kemenristekdikti akan dilakukan oleh Lya Deni Prilianti dengan judul “Pendampingan Pembuatan Briket Tongkol Jagung sebagai Absorben Penjernihan Air Materi Sistem Koloid di MAN 1 Kubu Raya”. Juara 3 OSN Pertamina bidang Kimia 2016 ini juga pernah mendapatkan hibah PKM-K di tahun 2015 dengan judul “Kiss Mandasik (Cookies Stick Manis Daun Sirsak) Pengusir Asam Urat”.

Ketua Program Studi Pendidikan Kimia menyatakan bahwa jumlah proposal PKM mahasiwa Pendidikan Kimia yang didanai saat ini lebih sedikit dibandingkan tahun 2016 yaitu sejumlah 9 proposal. Secara persentase jumlah proposal PKM tersebut meningkat 66.67% pada 2017. Ini menjadi bahan evaluasi bagi Prodi Pendidikan Kimia agar proposal PKM kedepannya lebih banyak didanai oleh Kemenristekdikti dan melaju sampai PIMNAS.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran