Menyiapkan Slide

SKM Memiliki Peran Penting Pebli hardi / 13-Mar-2017 08:03:10

Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak telah menyelenggarakan Uji komptensi bagi para calon Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) atau sudah menjadi SKM. Program ini dilakukan setiap tahun sebagai jawabatan atas tuntutan akan kompetensi SKM Indonesia, khususnya Kalimantan Barat dalam menjaga kualitas kesehatan masyarakat menjadi suatu keharusan. Program ini diikuti oleh 84 orang dari berbagai angkatan. Uji komptensi ini di awasi oleh pengawas pusat Uji Komptensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia  (UKSKMI). Uji komptensi ini dilakukan serentak pada tanggal 11 Maret 2017 dari pukul 08.00 sampai selesai, seluruh peserta wajib mengikuti pengarahan di tempak uji komptensi masing-masing pada tanggal sebelumnya. Bagi peserta yang tidak mengikutinya, peserta tidak diperkenankan mengikuti UKSKMI. Saat pengarahan peserta wajib membawa kartu ujian dan kartu identitas yang masih berlaku dan mencantumkan pas foto dan tanda tangan peserta pada kartu iedentitas tersebut.  

Selain uji komptensi SKM, tuntutan harus memiliki adalah Surat Tanda Registrasi (STR) atas profesi yang diembannya menjadi sebuah kewajiban. Mengingat peran SKM sangat besar dalam menyukseskan program kesehatan pemerintah, Jaminan Kesehatan Nasional, Termasuk untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri di bidang kesehatan bisa terealisasi.

Adapun tujuan uji komptensi adalah untuk mengukur kompetensi, kualifikasi, sesuai keprofesian SKM. Tugas utama SKM ialah membuat masyarakat menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Sebagai profesional di bidang kesehatan, mereka wajib memiliki STR dan mengikuti uji kompetensi.

Kewajiban mengikuti uji kompetensi dan memiliki STR diharapkan mampu meningkatkan kualitas SKM. Apalagi saat ini SKM memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, utamanya pada tahap promotif dan preventif.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran