Dosen PAUD ToT Pendidikan Keluarga dan Karakter Kemendikbud Pebli hardi / 09-Mar-2017 14:03:53

Berdasarkan rencana strategis (restra) periode 2015–2019 permasalahan pembangunan pendidikan dan kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di antaranya peningkatan kasus-kasus narkoba, pornografi, paham radikal, perkelahian antrpelajar, antarkelompok masyarakat, pergaulan bebas, dan perdagangan manusia. Hal ini dapat ditafsirkan bahwa telah memudarnya pemahaman, penghayatan dan pengalaman nilai-nilai luhur budaya bangsa negara kita ini.

Untuk menanggulangi permasalahan dan tantangan tersebut, salah satunya dengan memberdayakan peran keluarga terlibat aktif pada proses pembelajaran dan tumbuh kembang anak. Hal itu, sejalan dengan salah satu tujuan strategi Kemendikbud yaitu penguatan peran siswa, guru, tenaga kependidikan dalam ekosistem pendidikan, dengan sasaran strategis berupa pertumbuhan karakter bangsa.

Arah kebijakan dan strategis yang akan dilaksanakan adalah pelibatan peran keluarga, masyarakat dalam pengelolaan persekolahan dan proses pembelajaran. untuk mencegah perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma susila dan nilai moral.

Sedangkan arah kebijakan dan strategis yang diperlukan untuk mendorong tecapainya sasaran tersebut di atas (1) meningkatkan peran aktif siswa dalam mengekspresikan dirinya dan mendorongnya untuk membentuk perilaku positif di manapun; (2) meningkatkan peran keluarga dalam mendorong anak untuk menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah serta menerapkan norma-norma/perilaku positif yang diajarkan di sekolah dalam bersosialisasi di lingkungan keluarga/masyarakat sekitar tempat tinggalnya.

Untuk mewujudakn tercapainya tujuan dan sasaran strategi restra tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga melalui Subdit Pendidikan Anak dan Remaja menyelenggarakan “Pelatihan Calon Pelatih Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga dan Pendidikan Karakter”di Yogyakarta beberapa saat yang lalu.

Adalah Sudarti, MPd salah seorang dosen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan UM Pontianak yang telah berhasil mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut tentu sangat bermanfaat khususnya bagi UM Pontianak, mengingat tujuan umum kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan para calon pelatih yang akan  ditugaskan mendampingi atau memfasilitasi kegiatan bimbingan teknis dan penguatan pelaku pendidikan keluarga yang dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota. Pelaksanaan pelatihan calon pelatih ini dibuat untuk dijadikan sebagai acuan bagi pejabat di lingkungan Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Provinsi Kalimantan Barat dan Satuan Pendidikan.

Adapun ruang lingkup kegiatan pelatihan calon pelatih ini difokuskan pada materi terkait dengan pengasuhan anak, isu–isu aktual dan penanaman kebiasaan positif, teknik fasilitas, refleksi dan evaluasi, serta rencana tindak lanjut. Strategi pelaksanaan kegiatan pelatihan calon pelatih meliputi: (1) kegiatan pembukaan, (2) input materi menggunakan pendekataan orang dewasa yang dipadukan dengan pendekatan pembelajaran partisipasi yang disampaikan dengan metode ceramah dan diskusi, (3) penyusunan rencana tindak lanjut; (4) micro teaching; (5) refleksi dan evaluasi, serta penutupan.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran