Biology Competition: Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan Pebli hardi / 09-Mar-2017 10:03:37

Berbicara pendidikan dalam kamus besar Bahasa Indonesia, dikatakan bahwa pendidikan berasal dari kata dasar “didik” (mendidik), yaitu memelihara dan memberi latihan (ajaran pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Berdasarkan undang-undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 Bab I, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pendidikan adalah suatu proses menumbuh kembangkan eksistensi peserta didik yang memasyarakat, membudaya, dalam tata kehidupan yang berdimensi lokal, nasional dan global.

Pendapat lain mengatakan pendidikan adalah suatu peningkatan ilmu bagi manusia untuk menjadi hal yang lebih baik. Pendidikan sangatlah penting karena menyangkut kemajuan zaman suatu bangsa dan negara. Berbicara pendidkan tidak bisa lepas denganpeserta didik. Peserta didik adalah komponen pelaku dalam pendidikan tersebut, yang dijalankan dan menjalankan suatu sistem. Pelaksanaan pentingnya pendidikan sering disalahartikan oleh sebagian masyarakat karena anggapan dari sulitnya untuk mendapatkan pendidikan tersebut. Pemerintah telah memberikan kebijakan beberapa dari program untuk pendidikan yang direncanakan, baik bersifat terpusat maupun pemerintah daerah sendiri, hal ini dilakukan untuk memajukan dunia pendidikan.

Program studi pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pontianak merupakan salah satu program studi Pendidikan Biologi dari Universitas Swasta di Kalimantan Barat, berdir pada tahun 2010 dan memiliki kewajiban untuk membantu pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Barat. Salah satu upayanya yang dilakukan adalah membangun jiwa kreatifitas dan kompetitif pelajar melalui kegiatan perlombaan pada bidang mata pelajaran olahraga maupun seni.

Himpunan mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak menggagas acara Biology Competition of Muhammadiyah University Of Pontianak. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan jiwa kreatif, inovatif dan kompetitif terkait mata pelajaran biologi pelajar SMA/MA di Kota Singkawang.

Lomba terkait mata pelajaran di sekolah merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigm pendidikan yang mengarah pada peningkatan mutu pendidikan. Pelaksanaan lomba secara berkelanjutan akan berdampak positif pada pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif serta membangun jiwa kompetitif siswa. Pada gilirannya, siswa akan memiliki kesempatan mengembangkan seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya melalui pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran