Menyiapkan Slide

PHBD Wujud Peran Mahasiswa Dalam Memberdayakan Masyarakat Pebli hardi / 07-Mar-2017 13:03:55

Program Hibah Bina Desa(PHBD). PHBD adalah salah satu program dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) yang ditawarkan setiap tahun kepada organisasi mahasiswa baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk berperan serta dalam memberdayakan masyarakat.

Misi penyelenggaraan PHBD adalah: pertama membentuk mahasiswa yang berkarakter positif, empatik, kreatif, bertanggung jawab dan mampu bekerja sama untuk memberdayakan masyarakat; kedua mengembangkan potensi desa untuk pemberdayaan masyarakat; ketiga membangun kerjasama yang baik antara mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat khususnya yang tinggal di pedesaan.

Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan, melalui program pengabdian kepada masyarakat: pertama membantu mengatasi permasalahan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan yang dihadapi masyarakat desa melalui upaya peningkatan kesadaran, wawasa/pengetahuan dan keterampilan; kedua menerapkan konsep pemberdayaan dan atau teknologi tepat guna dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner dan kolaboratif; ketiga membangun kemitraan dengan stakeholder terkait dalam mewujudkan program; dan keempat menjadikan lokasi PHBD sebagai desa binaan kampus

Lingkup bidang PHBD meliputi pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan yang berkelanjutan. Kegiatan yang diusulkan harus bersifat strategis berdasarkan potensi dan identifikasi masalah masyarakat serta memiliki roadmap yang jelas yang menggambarkan partisipasi masyarakat, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan swasta. Selain itu kegiatan yang dilakukan juga menjamin terwujudnya program berkelanjutan.

Pengusul PHBD adalah kelompok mahasiswa aktif program Sarjana atau Diploma berbagai disiplin yang berasal dari 1 (satu) perguruan tinggi atau lebih yang tergabung di dalam organisasi kemahasiswaan baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan disetujui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi pelaksana. Program ini diperuntukan kepada seluruh mahasiswa, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta diberikan kesempatan yang sama untuk mendapatkan hibah ini. 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran