Menyiapkan Slide

Fikes Memorandum of Understanding dengan PT. Mahakam Pebli hardi / 06-Mar-2017 12:03:45

Perilaku Hidup Bersih Sehat yang baik di Lingkungan dapat diukur melalui salah satu indikator Angka Bebas Jentik (ABJ). Angka bebas jentik yang tinggi dapat dicapai jika semua pihak saling bekerja sama dalam upaya pencegahan berjangkitnya Demam Berdarah.

Upaya pencegahan ini dapat diwujudkan oleh masyarakat melalui kegiatan rutin pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan 3M Plus. Pertama MENGURAS tempat-tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali. Kedua MENUTUP rapat-rapat tempat penampungan air. Ketiga MENGUBUR, mengumpulkan, memanfaatkan atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menjadi genangan air seperti kaleng bekas, plastik bekas dan lain-lain. PLUS nya ditambah dengan menggunakan obat anti nyamuk bakar maupun oles serta menggunakan kelambu. Peran Juru Pemantau Jentik dan petugas survey dari Puskesmas berwenang sebagai fasilitator dan supervisor dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Untuk menurunkan Angka Bebas Jentik (ABJ) satu rumah satu jumantik (1R1J) di Kota Pontianak. Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak dan PT Mahakam berdiskusi yang difasilitasi oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang kemudian menghasilakn Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pada bidang Survey dan penelitian.

MoU tersebut ditandatangani oleh perwakilan PT. Mahakam Dr.dr Ferdy, MM dan Dekan Fikes UM Pontianak Dr. Linda Suwarni, SKM., M.Kes yang disaksikan oleh bapak Subagio,M.Kes dari Kementrian Kesehatan dan Mantan Dekan Fikes Indah Budiastutik, SKM.,M.Kes. Penandatanganan ini bertujuan untuk memfasilitasi penelitian, inovasi temuan yang efektif, dan membantu penyebaran keilmuan terbarukan yang dikembangkan oleh sektor swasta, publik dan perguruan tinggi.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran