Menyiapkan Slide

Satu Tiket UM Pontianak ON-MIPA PT Nasional Pebli hardi / 03-Mar-2017 11:03:38

Dalam rangka peningkatan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa. Program studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Pontianak kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA). ON MIPA adalah wadah pengembangan ilmu dasar seperti fisika, kimia dan biologi.

Ilmu dasar menjadi indikator kemajuan suatu Negara. Ilmu pengetahuan akhirnya menjadikan sesuatu, karena adanya ilmu dasar, penerapan ilmu dasar dapat kita lihat pada teknologi sepertisearch engine, vaksin, Global Positioning System (GPS). Negara maju memulai pendidikan usia dini, menengah, hingga universitas karena menerapkan inovasi agar menghasilkan teknologi yang luar biasa, dan itu dimulai dari ilmu dasar. Abad ini adalah abad kompetisi. Para ahli mengatakan ilmu dan teknologi semata tidak cukup menghadapi kompleksitas permasalahan di abad 21 ini.

Seleksi ON MIPA di UM Pontianak ini bertujuan mencari mahasiswa yang akan mewakili UM Pontianak ke tingkat Kopertis XI. Adapun bidang yang dilombakan antara lain: Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika. Semua mahasiwa yang lolos akan dibimbing oleh Dosen dan Daniel Erikko alumni UM Pontianak yang telah mempunyai pengalaman lolos seleksi ke tingkat nasional mewakili kopertis XI di bidang Kimia tahun 2015 dan 2016.

Hasil pertandingan ON MIPA menyisakan tujuh mahasiswa yang mewakili UM Pontianak. Pemenang lomba mendapatkan piagam penghargaan, piala dari Rektor, uang pembinaan untuk juara 3 Rp sejumlah 600 ribu, juara 2 Rp 800 ribu, dan juara pertama sejumalah Rp 1 juta.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan berharap bidang Kimia dan Biologi, Fisika dan Matematika dapat lolos ke tingkat nasional mewakili kopertis XI. Melanjutkan tradisi beberapa tahun terakhir dari tahun 2012-2016 yang telah meloloskan peserta dalam bidang Kimia dan Biologi ke tingkat nasional.

ON-MIPA Perguruan Tinggi (PT) tingkat nasional merupakan peserta dari seleksi kopertis di seluruh Indonesia ditambah juara 2-3 pada Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-PERTAMINA). Satu tiket UM Pontianak telah mendapatkannya yaitu Lya Deni Prilianti bidang Kimia tingkat nasional dari jalur OSN Pertamina yang memperoleh juara 3 tahun 2016.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran