Menyiapkan Slide

Akreditasi Sistem Jaminan Mutu Eksternal Pebli hardi / 23-Feb-2017 10:02:43

Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan UM Pontianak telah diakreditasi dengan hasil yang memuaskan yaitu B. Pencapaian yang luar biasa. Akreditasi merupakan ruh bagi perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). Pembentukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) ini menunjukkan bahwa akreditasi perguruan tinggi di Indonesia pada dasarnya adalah tanggung jawab pemerintah dan berlaku bagi semua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Hal ini, sekaligus menunjukkan niat, kepedulian pemerintah dalam pembinaan penyelenggaraan perguruan tinggi, melayani kepentingan masyarakat, kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Berbicara akreditasi adalah pengakuan atas suatu lembaga pendidikan yang menjamin standar minimal sehingga lulusannya memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Karena itu prodi Kimia sekarang sudah standar dengan prodi Kimia yang lain di Indoensia. Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu.

Akreditasimelindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Penilaian yang dilakukan dalam proses akreditasi memiliki tujuan: pertama menginformasikan kinerja perguruan tinggi kepada masyarakat. Kedua mengemukakan langkah pembinaan yang perlu ditempuh terutama oleh perguruan tinggi dan pemerintah, serta partisipasi masyarakat. Peringkat pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada perguruan tinggi didasarkan atas hasil akreditasi perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh BAN PT. 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran